Pembaruan Mode Google Maps di Update Terbaru

posted in: News | 0

Google terus memperbarui aplikasi mereka untuk menyamankan pengguna. Nah, pembaruan mode Google Maps juga akan muncul di versi update terbarunya. Apa saja itu? Yuk cus simak.

Setelah dikenalkan di ajang Google I/O pada Mei silam, dan kemudian mulai digelontorkan pada awal Oktober lalu, mode ” Incognito” atau mode penyamaran di aplikasi Google Maps akhirnya resmi meluncur.

Mode Incognito ini memungkinkan pengguna untuk menjaga privasinya. Bisa dibilang demikian lantaran Google tak akan menyimpan riwayat tempat-tempat apa yang pernah pengguna cari atau kunjungi, ketika menggunakan aplikasi Google Maps.

Mode ini sudah bisa dinikmati di aplikasi Google Maps versi 10.28.2. Bagi pengguna yang belum mendapatkannya, sebaiknya memperbarui aplikasi Google Maps ke versi terbaru. Mode penyamaran ini bakal digelontorkan kepada pengguna Google Maps dalam beberapa hari ke depan

Sayangnya, pengguna Google Maps versi iOS harus bersabar sedikit. Sebab, Google menyebut bahwa mereka bakal menggelontorkan fitur ini kepada pengguna Android terlebih dahulu.

Diketahui, mode Incognito sendiri juga sudah tersedia di aplikasi Google lainnya, seperti Google Chrome hingga YouTube. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan mode ini di Google Maps?

Mode Incognito di Google Maps dan Cara Mengaktifkannya

Mode penyamaran ini bisa diaktifkan dengan meng-klik ikon avatar pengguna yang terletak di pojok kanan atas tampilan aplikasi Google Maps.

Mode baru google maps incognito

Setelah itu, pilih opsi “Turn on Incognito mode”. Tak lama kemudian, aplikasi Google Maps akan dibuka ulang secara otomatis dan pengguna bakal disajikan dengan tampilan Google Maps mode Incognito.

Untuk menon-aktifkannya, pengguna cukup klik ikon Incognito yang menggantikan avatar pengguna tadi dan kemudian pilih opsi “Turn off Incognito mode”.

Mode Gelap Google Maps

Dark mode atau mode gelap kini tengah menjadi tren di antara para pengembang aplikasi dalam waktu satu tahun belakangan. Aplikasi-aplikasi populer semacam Instagram, Twitter, dll. juga sudah memiliki mode ini.

Google pun turut membenamkan mode gelap pada serangkaian aplikasi serta layanan miliknya. Sebut saja YouTube yang sudah lebih dulu punya mode gelap sejak tahun lalu, atau Gmail yang kedatangan dark mode pada September lalu.

Google tampaknya masih akan terus menggelontorkan mode gelap untuk layanan miliknya. Kini giliran Google Maps yang disinyalir akan mendapatkan mode ini.

Hal tersebut terendus dari sebuah video singkat yang diunggah akun resmi Android di Instagram. Video tersebut memperlihatkan sejumlah layanan milik Google yang kemudian berubah warna menjadi gelap, termasuk Google Maps.

Meski demikian dark mode sejatinya bukan hal baru untuk Google Maps. Layanan peta digital ini sebelumnya sudah memiliki mode malam, di mana Google Maps akan secara otomatis berganti warna menjadi gelap ketika aplikasi ini digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Meski begitu, belum diketahui dengan jelas kapan mode gelap ini akan hadir dan mulai digelontorkan pada Google Maps. Google sendiri pada awal Agustus lalu baru saja merilis mode gelap pada Google Chrome.

Mode gelap saat ini memang tengah menjadi tren. Mode gelap dipercaya lebih ramah pada mata pengguna dan bisa membuat baterai perangkat jadi lebih tahan lama.

Selain Google, Instagram pun beberapa waktu lalu mendapatkan mode gelap ini. Bahkan mode gelap Instagra memuncaki tangga Trending Topic Twitter untuk wilayah Indonesia lewat tagar #InstagramDarkMode.

Sumber: tekno.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.