Pembangunan Sirkuit Mandalika Sebelum Batu Pertama

posted in: News | 0

Sebelum peletakan batu pertama pada September 2019, ada tahapan yang sudah dilakukan dalam menyiapkan pembangunan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Sudah melewati proses topografi dan penyelidikan tanah,” kata Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer.

Tahapan berikutnya adalah pemagaran lokasi. Mansoer mengatakan, ada pembangunan pagar keliling. Panjangnya 6,25 kilometer. “Telah terbangun 2,5 kilometer atau sekitar 42 persen,” katanya. 

Mansoer menambahkan, ada juga proses land clearing. Sudah dalam tahap selesai adalah 98.000 meter persegi. “Rencananya adalah 432.000 meter persegi,” ucap Mansoer.

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan KEK Mandalika, Lombok Tengah, NTB

Mansoer menerangkan, ada juga proses yang disebut homologasi desain Mandalika Street Circuit.

“Sudah ada kesepakatan center line yakni kesepakatan titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan lainnya,” imbuh Mansoer. Mansoer menerangkan, kesepakatan center line ini adalah hal penting.

Pertemuan Jokowi dengan Ezepelete di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, itu tak hanya membicarakan rencana pembangunan sirkuit Mandalika, tapi juga tiga motor balap pabrikan Honda. Jokowi bahkan sempat menunggangi salah satu motor balap yang dibawa.

Pasalnya, bermodalkan kesepakatan ini, ITDC baru bisa bekerja sama dengan mitra kerja pembangunan sirkuit, Mrk 1 Consulting. Sementara itu, Vinci Construction Grands Projects, investor Sirkuit Mandalika, tengah menyiapkan homologasi yang akan diserahkan kepada International Mototcycling Federation (FIM) dalam waktu dekat.

Patung peringatan Putri Mandalika

Kemudian, hal lanjut yang harus dilakukan adalah menyusun Detailed Engineering Design (DED). “Syaratnya, dokumen disetujui oleh FIM,” ujar Mansoer.

DED adalah gambar kerja yang mencakup rencana teknis, arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan. “Kemudian, kita bisa memulai tahapan konstruksi pada Oktober 2019,” demikian Abdulbar M Mansoer.

Nah, bagaimana nih tanggapan kalian tentang sirkuit baru di negeri kita ini?

Kalau saya pribadi sih selalu suka jika negeri ini maju ya dan membawa kebaikan untuk masyarakat kita. Tentunya dengan memperhatikan segala dampak yang akan ditimbulkan.

Pokoknya Jaya Terus untuk Indonesia 😀

Sumber: olahraga.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.

Muhammad Faizin
Latest posts from