Opening Beranimasi dengan Smart Apps Creator (SAC)

posted in: Tutorial | 0

Kali ini kita akan membuat opening beranimasi sederhana dengan Smart Apps Creator (SAC). Nah, dalam hal ini kalian juga akan belajar untuk memasukkan background dalam aplikasi yang akan kalian buat.

Sesuai tutorial sebelumnya, kita akan membuat aplikasi untuk mengenalkan hewan darat, air, dan udara. Jika kalian belum mengenal sama sekali apa itu Smart Apps Creator, ada baiknya kalian membaca urutan kurikulum membuat aplikasi dengan SAC berikut ya 😀

Jika belum memiliki SAC, kalian bisa download dari link alternatif berikut. Langsung saja kita mulai ke bagian inti yes.

  1. Buka aplikasi SAC kalian.
  2. Struktur untuk opening berarti secara otomatis ada di halaman Start Page yang akan selalu kalian temukan di bagian pertama page kalian di project SAC. Jika kalian berada di page lain, silahkan klik terlebih dahulu Start Page sehingga page tersebut akan memiliki garis tepi berwarna kemerahan seperti berikut.
    klik start page
  3. Nah, sekarang kita akan mengisi Start Page tersebut dengan background. Klik kanan di bagian area kerja kalian > pilih Insert Background.
    memasukkan background
  4. Kemudian cari gambar background yang kalian inginkan. Di sini saya menggunakan background seperti berikut.
  5. Jangan lupa simpan project kalian ya. Untuk menyimpan langkahnya tetap sama dengan aplikasi yang lain. Kalian bisa menggunakan Ctrl + S atau bisa melalui tombol Smart di pojok kiri atas > pilih Save.
    menyimpan project SAC
  6. Sekarang kalian permanis dengan menambahkan teks untuk judul aplikasi.
    menambahkan teksDalam memasukkan teks di SAC, kalian bisa memilih tipe teks horisontal ataupun vertical. Untuk teks yang biasa kita gunakan adalah teks horisontal.
  7. Biasanya teks yang masuk pertama ukurannya akan kecil. Kalian ketik dulu teksnya, kemudian seleksi semua teks (bisa dengan Ctrl + A) sehingga akan muncul tampilan untuk mengedit teks seperti kotak berikut.
    mengedit teksNah, dalam tampilan tersebut kalian bisa mengganti jenis font dan ukurannya. Jika ukuran angka yang ada masih terlalu kecil, ketik saja angkanya langsung sesuai keinginan kalian.
  8. Teks saya sudah besar nih, tapi kok ketutupan seperti ini? Gimana caranya memunculkan?
    teks gak kelihatanUntuk memunculkan semua teks, kalian drag titik-titik node yang ada di sebelah kanan, kiri, atas, dan bawah teks tersebut sehingga bisa tampil secara keseluruhan.
  9. Sekarang teks saya sudah tampil seperti berikut.
    tampilan teks keseluruhanSekarang kita animasikan teks tersbeut agar muncul dari bawah ke atas. Cus ke langkah di bawah ya. Kalau ngantuk, siapkan kopi dan cemilan .
  10. Klik teks yang akan kalian animasikan. Pilih menu Animation > pilih animasi Float In. Kalian juga bisa mencoba animasi lain yang tersedia ya. Untuk animasi teks, SAC hanya menyediakan sedikit. Nanti akan beda jika objek yang akan dianimasikan adalah gambar.
    menu animation
  11. Kalian juga bisa memilih arah keluarnya animasi di bagian Effect. Jika ingin animasi berulang secara terus-menerus, berikan centang pada bagian Loop. Jangan lupa akhir dengan klik tombol Add.
    Membuat Opening Beranimasi float in
  12. Sekarang coba klik tombol Preview dan lihat hasil sementara aplikasi kalian.

Gimana hasilnya? Jika ingin lebih manis, kalian bisa memasukkan objek lain seperti logo dan sebagainya yang kalian inginkan. Pastikan jangan terlalu banyak objek karena opening sifatnya hanya sekilas sebagai pembuka ya. Selamat berkarya 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.