» » Menonaktifkan Windows Update Secara Permanen

Menonaktifkan Windows Update Secara Permanen

posted in: Tutorial | 2

Bagi sebagian orang terutama yang menggunakan Windows versi petani, adanya Windows update menjadi ketidaknyamanan tersendiri. Jika kalian menggunakan Windows 7 atau sebelumnya, Windows update akan meninggalkan jejak jika kalian pengguna Windows petani. Jejak tersebut biasanya muncul pada desktop kalian dengan adanya tulisan “Windows is not genuine…“. Nah, daripada tidak nyaman jika sudah kena blacklist, mendingan disable aja. Artikel ini akan membahas langkah mudah disable atau menonaktifkan Windows update yang bisa kalian praktikkan untuk Windows 7 ke atas ya (tested in Windows 10).

Menonaktifkan Windows Update

Menonaktifkan Windows Update

Untuk mematikan (disable) Windows update kali ini, kita akan menggunakan sedikit bantuan cmd (command prompt). Langsung aja lah 😀

  1. Buka command prompt dengan tekan tombol Windows key + R, lalu ketik gpedit.msc
    ketik gpedit.msc
  2. Setelah itu kalian akan melihat tampilan Local Group Policy Editor seperti berikut.
    local group policy editor
  3. Pada panel sebelah kiri, masuklah ke bagian Administrative Templates > Windows Components.
    masuk ke Windows Components
  4. Skrol terus ke bawah dan pilih (klik) Windows Update.
  5. Nah, akan muncul beberapa pilihan di panel sebelah kanan. Klik dua kali (double click) pada Configure Automatic Updates.
    pilih configure automatic update
  6. Pada jendela Configure Automatic Updates kalian bisa memilih akan diapakan update otomatis dari Windows yang kalian memiliki. Pilihan terbanyak akan muncul jika kalian memilih Enabled alias mengaktifkan Windows Updates seperti berikut.
    pilihan enabled
    Kalian akan diizinkan untuk mengatur apa yang akan Windows lakukan jika tersedia update baru hingga pengaturan jadwal penginstalan (scheduled install) yang bisa kalian tentukan hari dan jam sesuai keinginan.
    Karena kita ingin menonaktifkan/mematikan/men-disable Windows Update, pilihan yang perlu kita lakukan adalah pada bagian Disabled.
    pilih disabled
  7. Akhiri dengan OK

Sampai di sini kita sudah berhasil menyetting Windows Update menjadi off alias tidak aktif. Langkah tersebut seharusnya (seharusnya lho ya) akan langsung berfungsi dan tidak memerlukan restart Windows. Namun, jika ada permintaan restart, lakukan saja dan turuti kemauan Windows-nya hehe. Sekian, jika ada yang masih bingung atau belum berhasil, jangan lupa tinggalkan komentar untuk menerima tiket bantuan dari kami ya 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from
  • watno arya

    Luar biasa gan… terima kasih banyak gan.. bener” work on windows 10.. karna saya pake software glass wire jadi tau windows updatenya masih ngabisin kuota atau engk.. ternyata berhenti 100%

    • kangzin

      Sip gan. Makasih udah mampir dan ninggalin jejaknya. Semoga artikelnya membantu ya 😀