» » Menghapus List Open With Windows

Menghapus List Open With Windows

posted in: Tutorial | 0

Ketika ingin membuka file di Windows terutama Windows 10, terkadang akan muncul pilihan aplikasi apa yang akan digunakan untuk membuka file tersebut. Pemberian tawaran pilihan tersebut adakalanya membantu bagi yang sudah paham tentang ekstensi file. Namun, akan berakibat sebaliknya bagi yang awan tentang ekstensi file sehingga akan cukup menjebak user untuk membuka file dengan aplikasi yang salah. Nah,dalam artikel ini akan sedikit kita pelajari bagaimana cara menghapus list open with yang ada di Windows.

 

 

Menghapus List Open With

Pilihan open with biasanya akan muncul saat kalian mengklik kanan file yang ingin kalian buka. Untuk Windows 10, kalian juga akan menemukan pilihan open with dari ribbon menu Windows Explorer. Nah, sekarang kita akan praktik untuk menghapus list aplikasi yang tidak dibutuhkan karena tidak berkaitan dengan file yang akan kita buka. Ikuti langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka Registry Editor. Kalian bisa melakukannya dengan salah satu cara berikut
    • run command (Windows key + R) sehingga akan muncul dialog Run dan ketik regedit
      run dan ketik regedit
    • melalui search box Windows 8, 8.1, atau 10 dnegan ketik regedit
      ketik regedit di searchbox windows
  2. O, iya…dalam praktik ini saya menggunakan Windows 10 ya. Jika kalian menggunakan Windows 7, 8, atau 8.1 mungkin langkahnya akan sama. Untuk versi Windows di bawahnya kalian bisa menyesuaikan ya. Jika kalian menemui User Account Control, langsung saja klik Yes.
  3. Pada tampilan Registry Editor, masuklah ke path berikut.
  4. Jika sudah sampai pada path FileExts, carilah ekstensi file yang ingin kalian edit pilihan list aplikasinya. Misalkan di sini saya akan menghapus aplikasi untuk membuka file .torrent karena aplikasi yang bernama Bitlord telah saya uninstall. Masuklah ke path OpenWithList dari ekstensi file tersebut.
    list aplikasi bitlord
  5. Klik kanan registry bitlord > pilih Delete.
    delete registry bitlord
  6. Jika kalian menemukan konfirmasi penghapusan registry seperti gambar di bawah ini, lanjutkan dengan klik Yes. Emm…jika kalian ingin baca dulu konfirmasinya sih lebih baik *becanda* haha.
    konfirmasi penghapusan registry

Sampai pada tahap ini langkah kita sudah selesai. Kalian bisa mengecek alias klarifikasi kebenaran hasilnya atau dalam istilah santrinya tabayyun untuk membuktikan apakah list aplikasi di Open With sudah benar-benar terhapus. Jika belum, lakukan restart Windows kalian dan cek sekali lagi.

Jika masih bingung, jangan lupa berkomentarisasi di bawah ini ya 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.