» » Menghapus Channel Video di Youtube

Menghapus Channel Video di Youtube

posted in: Tutorial | 0

Bagi yang terlanjur membuat banyak channel di Youtube dan sekarang bingung mau diapain (gue banget haha), biar enak dipandang mata yang perlu kalian lakukan adalah menghapus channel yang tidak terpakai. So, gimana cara menghapus channel video di Youtube tersebut?

cara menghapus channel Youtube

Dalam demo ini, penulis melakukan penghapusan channel dari web desktop

Cara Menghapus Channel Youtube

Sebelum menghapus channel, pastikan kalian telah berada di channel yang ingin kalian hapus. Salah menghapus channel ditanggung penumpang ya haha. Kemudian ikuti langkah berikut hingga akhir.

  1. Perhatikan menu akun di sebelah kanan atas > klik gambar gir dengan tulisan saat disorot kursor bertanda Youtube settings.
    pengaturan akun
  2. Setelah masuk ke Account Settings, klik Advanced di bagian nama channel.
    menu advanced
  3. Scroll ke bawah dan cari Delete channel
    bagian delete channel
  4. Jika ada konfirmasi seperti berikut, isikan sesuai sandi.
    konfirmasi sandi google
  5. Kemudian akan muncul pilihan untuk menyembunyikan (hide) atau menghapus (delete) channel.
    pilihan hide atau delete
  6. Pada masing-masing pilihan di atas akan muncul tampilan yang berbeda apalagi jika memilih penghapusan channel yang di dalamnya terdapat video walaupun hanya satu. Akhiri dengan klik tombol biru bertuliskan Delete My Content (Hapus Konten Saya) jika sudah yakin untuk menghapus channel beserta isinya.
    akhiri delete channel
    Kalian harus mencentang semua pilihan yang ada sebagai konfirmasi tanda setuju untuk penghapusan channel. Penghapusan channel berlaku permanen.
  7. Selanjutnya akan muncul konfirmasi lagi saking sayangnya Google pada kalian haha. Yah, konfirmasi kali ini kalian diminta untuk menulis lagi nama channel.
    konfirmasi nama channel
  8. Selesai dan kalian akan melihat tampilan seperti berikut.
    hapus channel selesai

Untuk memastikan apakah channel sudah berhasil dihapus, buka lagi halaman homepage (beranda) dari Youtube kalian. Biasanya akan muncul tampilan jumlah channel lagi seperti berikut.

jumlah channel

Nah, dari channel di atas sudah tidak ada lagi nama HOT TV ya. Jika tidak menemukan tampilan jumlah channel tersebut, perhatikan menu sebelah kanan atas dan lihatlah jumlah channel kalian.

panel kanan atas

Well, sampai di sini usaha kalian menghapus channel yang tidak terpakai sudah selesai ya. Jika masih ada yang belum beres, jangan sungkan untuk bertanya dan coret-coret di kolom komentar. Semoga bisa membantu 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from