Mengatur Durasi Opening di Smart Apps Creator (SAC)

posted in: Tutorial | 0

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara membuat opening beranimasi pada tutorial sebelumnya, sekarang kalian akan belajar bagaimana mengatur durasi opening di aplikasi yang kalian buat dengan Smart Apps Creator (SAC).

Jika kalian belum tahu apa itu SAC, ada baiknya kalian memulai dari daftar artikel tutorial dalam web ini dalam link berikut.

  1. Smart Apps Creator (SAC) : Mari Berkenalan
  2. Smart Apps Creator (SAC) : Start Page, Page, Section
  3. Opening Beranimasi dengan Smart Apps Creator (SAC)

Jika kalian sudah memahami artikel-artikel di atas dan sudah sampai pada tahap pembuatan opening, sekarang kalian atur durasi opening yang sudah kalian buat tadi yes.

Dalam pembuatan start page atau opening atau mungkin kalian mengenalnya dengan istilah seperti splashscreen, biasanya hanya akan muncul beberapa detik. Mungkin gak lebih dari 2 detik.

Smart Apps Creator (SAC) sendiri memberikan durasi waktu default untuk start page hanya 2 detik. Namun, kalian juga bisa mengatur sesuai keinginan jika menghendaki untuk mempersingkat atau memperlama durasinya.

Cus yuh langsung ke langkah-langkahnya.

  1. Buka project aplikasi kalian yang sudah memiliki tampilan opening. Setidaknya tampilannya sederhana seperti yang kalian buat dalam artikel tutorial ketiga.
  2. Setelah project kalian terbuka, klik menu Page pada bagian atas seperti berikut.
    klik menu Page
  3. Di dalam tampilan menu Page, kalian akan melihat berbagai macam pilihan. Nah, untuk mengatur durasi opening, perhatikan bagian Start Page Time.
  4. Angka default alias yang terinput bawaan dari SAC ada 2 dengan satuan s (second) atau detik. Jadi, di situ secara default opening akan berjalan selama 2 detik. Setelah opening selesai, tampilan akan masuk ke halaman utama.
    bagian start page time
    Jika ingin mengganti, yang perlu kalian lakukan hanya memasukkan angka durasinya. Ingat ya di sini satuannya adalah detik.
  5. Akhiri dengan Enter setelah angka baru kalian masukkan untuk memastikan sudah masuk di sistem SAC.
  6. Sekarang kembali ke menu Edit dan klik tombol coba lakukan Preview At Beginning untuk melakukan testing aplikasi dari page awal.
    preview at beginningPerbedaannya jika kalian memilih tombol Preview adalah tombol Preview hanya akan memulai testing dari halaman yang aktif. Sedangan Preview At Beginning, testing akan dimulai dari halaman pertama yakni Start Page.

Sampai di sini langkah untuk mengatur durasi opening sudah selesai. Jika kalian masih ada kesulitan bisa langsung tinggalkan komentar ya. Selamat mencoba 😀

 

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.

Muhammad Faizin
Latest posts from