Mengatasi Pelanggaran (Violation) Google Adsense

posted in: Tutorial | 0

Kadang secara tak terduga, Google memberikan “surat cinta” kepada para penggunanya berupa notifikasi yang memberitahukan adanya pelanggaran kepada para pengguna Google Adsense. Nah, keep calm dan tetap tenang. Berikut cara mengatasi pelanggaran (violation) Google Adsense yang kita terima.

Dalam kasus yang saya alami, saya mendapatkan “surat cinta” berupa adanya iklan adsense di halaman yang tidak memuat konten. Halaman saya tersebut hanya berupa form login untuk member. Halaman login tersebut adalah sebagai berikut.

Login Lumpia Studio

Nah, dari sinilah warning saya muncul. Dengan gercep (gerak cepat), saya pun harus berusaha mengatasi pelanggaran (violation) tersebut agar tidak mengganggu penghasilan saya di Adsense.

Langkah-langkah untuk mengatasinya (dalam hal ini problem pelanggaran saya) adalah sebagai berikut.

Oiya, sebagai catatan : jika kalian menggunakan aplikasi Adsense untuk mobile (Android/iOS), untuk membuka detail warning/pelanggaran hanya bisa dilakukan di perangkat desktop (PC/laptop/komputer).

  1. Login ke akun Google Adsense kalian.
  2. Lihat notifikasi berwarna merah. Biasanya ada di bagian tanda lonceng sebelah pojok kanan (di sebelah ikon gambar akun kalian). Berikut tampilan pelanggaran yang muncul di akun saya.
    Pelanggaran (violation) Google AdSense
    Dalam tampilan tersebut akan muncul berapa jumlah pelanggaran di Adsense kalian. Akun saya hanya memiliki satu pelanggaran. Klik pelanggaran yang kalian miliki untuk melihat detailnya.
    Baca juga: Kreator Youtube Bisa Perluas Monetisasi
  3. Tampilan pelanggaran yang muncul akan disertai dengan solusi yang diberikan oleh Google untuk memperbaiki Adsense kalian.Cara perbaikan
  4. Sebaiknya kalian mengikuti solusi yang ditawarkan oleh Google. Jika solusi yang ditawarkan adalah diminta untuk melakukan peninjauan, maka berikan centang untuk pelanggaran kalian. Kemudian klik Minta Peninjauan.
    Minta Peninjauan
  5. Setelah kalian mengklik Minta Peninjauan, akan muncul konfirmasi seperti berikut. Jangan lupa berikan centang pada bagian agreement/persetujuan yakni di bagian teks Saya telah melakukan semuanya sesuai petunjuk dalam panduan dan ingin meminta peninjauan untuk halaman ini

Submit Minta Peninjauan

Setelah meminta peninjauan tersebut, sampai sini langkah kalian untuk mengatasi pelanggaran (Violation) Google Adsense sudah selesai.

Kalian hanya tinggal menunggu sampai Google meninjau permintaan kalian. Ada hal yang masih disayangkan yakni tidak ada patokan pasti berapa lama Google akan menolak/menyetujui permintaan yang kita ajukan. Hanya pasrah setelah berusaha, itu kuncinya. Namun, Google akan tetap melakukan peninjauan yang kalian ajukan.

Okey, sampai di sini jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar ya.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.

Muhammad Faizin
Latest posts from