» » Mendesain Logo Secara Online dengan Mudah

Mendesain Logo Secara Online dengan Mudah

posted in: Tutorial | 0

Logo menjadi bagian penting dari sebuah lembaga baik perusahaan, sekolah, dan sebagainya. Dalam membuat logo juga harus memperhatikan banyak aspek baik filosofi, historis, dan sebagainya dari instansi yang bersangkutan. Jika kalian bukan desainer yang memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dalam pembuatan logo, apalagi bagi tukang ketik (red: programmer) seperti saya, tentu akan memiliki kesulitan tersendiri dalam hal berbau desain. Nah, di zaman yang serba memanjakan ini kita tidak perlu bingung karena mendesain logo secara online telah tersedia.

desain logo online

Desain Logo GraphicSprings

Salah satu web yang memberikan fasilitas pembuatan logo online adalah GraphicSprings. Kalian bisa mendesain logo hanya dengan empat langkah mudah yakni menuliskan identitas instansi, memilih gambar logo, menambahkan pemanis shape (jika dibutuhkan), dan mengunduh desain yang telah dibuat. Langkah keempat merupakan fitur premium yang menuntut pengguna untuk membayar agar bisa mengunduh logo yang dibuat. Tenang saja, akan kita siasati agar tidak ada biaya yang keluar dari kantong ya haha.

Mulai Mendesain Logo

Langkah untuk mendesain logo di GraphicSprings sangat mudah sesuai dengan empat langkah utama di atas. Lakukan langkah berikut dengan tenang dan sediakan cemilan di sebelah kalian ya 😀

  1. Buka https://www.graphicsprings.com/start-your-logo
  2. Pada tampilan selanjutnya, kalian akan diarahkan untuk mengisi identitas instansi. Klik Go setelah menuliskan identitas.
    isikan identitas
    Kalian juga bisa menambahkan tagline dengan klik Add tagline di bawah pengisian identitas. Akhiri dengan klik Next pada kotak pop up putih sebelah kanan untuk menuju ke langkah selanjutnya.
  3. Selanjutnya pilih kategori gambar pada bagian Images. Di sini kalian bisa memilih langsung gambar sesuai kategori seperti berikut.
    pilih gambarDalam contoh ini penulis memilih kategori Entertainment & The Arts. Klik OK, I GOT IT pada pop up yang muncul. Kemudian lanjutkan dengan memilih gambar yang kalian sukai. Jika pada kategori ini kalian tidak menemukan gambar yang sesuai, pilih pada kategori lain.
    Kelemahan yang akan kalian temui dalam pembuatan logo online adalah kalian hanya bisa memilih logo yang telah tersedia dan tidak bisa merancang bebas kecuali jika menggunakan fitur premium pada beberapa website. Hal ini tentu akan membosankan jika kalian benar-benar real designer 😀
  4. Setelah memilih gambar selesai, pada tampilan selanjutnya akan ada preview sementara dari desain logo kalian.
    tampilan preview logo
  5. Panel sebelah kiri akan otomatis menciut (menyempit) pada tahap ini. Padahal, masih ada bagian Shapes yang bisa digunakan untuk mempermanis tampilan. Klik saja Shapes pada panel tersebut.
    bagian shapesPanel akan melebar kembali dan kalian bisa memilih jenis Shapes yang ada.
  6. Jika terjadi tumpukan objek, lakukan penggeseran dengan klik dan drag objek yang ingin dipindahkan.
    pindah objek
  7. Kemudian jika ingin memperbesar objek atau memindahkan posisi ke belakang objek lain, klik dua kali objek sehingga akan muncul node atau titik-titik untuk memperbesar objek. Untuk memindahkan objek ke posisi belakang, depan, atau menduplikatnya, klik pada gir yang muncul dan pilih yang sesuai. Perhatikan demo berikutperbesar dan pindah objek ke depan belakang
  8. Klik pada menu Preview di panel untuk melihat pemasangan logo yang telah dibuat pada beberapa objek seperti kaos, alat-alat sekolah, dan sejenisnya.
    tampilan preview logo
  9. Untuk mendownload logo harus membayar $19.99 dan hanya akan dapat file JPG. Untuk mendapatkan file source dalam bentuk SVG harus membayar fitur Pro, sedangkan Platinum akan mendapat file EPS. Selebihnya bisa diperhatikan pada tampilan berikut.
    perbandingan fitur berbayar graphicsprings
  10. Untuk menyiasatinya walaupun hanya akan mendapat file gambar (bukan source), kalian bisa melakukan printscreen lalu gunakan Photoshop atau sejenisnya untuk cropping atau seterusnya.

Bagaimana? Mudah kan? Yah walaupun tidak memperoleh source setidaknya kalian bisa memperoleh gambar logo yang kalian desain.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from