Menambahkan Musik Latar di Smart Apps Creator

Menambahkan Musik Latar di Smart Apps Creator

Pada artikel sebelumnya, kalian sudah belajar dasar-dasar yang perlu diketahui dalam bekerja dengan Smart Apps Creator (SAC). Nah, sekarang saya buat artikel-artikel pemanisnya. Kita mulai dulu dengan menambahkan musik latar atau background music (BGM).

Musik latar atau background music biasanya juga disebut backsound menjadi salah satu pemanis dalam sebuah aplikasi. Tak hanya dalam game, aplikasi pembelajaran pun hendaknya diberi backsound agar nyaman digunakan.

Yang perlu kalian tahu saat memberikan backsound di SAC adalah sebagai berikut.

  • sound tidak akan berbunyi di Start Page.
  • sound akan berbunyi sama di semua page dan tidak bisa berbeda antara page satu dengan yang lain (tentunya selain Start Page).
  • sound bisa dimatikan dengan tombol on atau off yang diberi interaction.
  • pengaturan volume sound di SAC hanya bisa dilakukan dengan tombol volume up dan volume down dari device, tidak bisa membuat pengaturan sendiri dengan controller sound karena SAC tidak ada programming untuk mengaturnya. Hal ini berlaku untuk semua penggunaan audio di SAC.
  • Jika kalian memiliki audio singkat, SAC akan otomatis melakukan looping (perulangan) saat audio tersebut menjadi background music.
  • tidak ada lambang apapun sebagai pertanda musik sudah masuk. Hanya bisa terdengar saat di-preview.

Itu dia hal utama yang harus kalian ketahui ya. Jika sudah paham, cus langsung aja lah ke langkah-langkahnya.

  1. Buka project SAC yang sudah kalian buat sebelumnya.
  2. Klik menu Page > pilih BGM > pilih Add BGM. Kepanjangan dari BGM di sini adalah background music.
    Menambahkan musik latar
  3. Kemudian cari audio yang ingin kalian jadikan musik latar. Format audionya harus MP3. Jika tidak, kalian bisa menggunakan converter untuk mengubah format audionya. Salah satu yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi Format Factory.
  4. Setelah audio ketemu, klik Open untuk mengakhiri langkahnya.
    Memilih audio untuk backsound

Nah, sampai di sini langkah yang harus kalian lakukan untuk menambahkan musik latar sudah selesai.

Untuk audio biasa, kalian akan melihat tanda/simbol suara layaknya memasukkan audio di Powerpoint. Namun, jika audio menjadi background music, tidak akan muncul tanda apapun di page atau area kerja kalian.

Sampai di sini, jika sudah kalian Preview harusnya sudah terdengar audionya setelah Start Page. Jika belum atau ada kesulitan, tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini ya.

Next PostRead more articles

Faizin

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.