» » Meminimalisir Kolom di Admin WordPress

Meminimalisir Kolom di Admin WordPress

posted in: Tutorial | 0

Jika kalian masuk ke dalam tampilan admin WordPress, coba perhatikan berapa banyak kolom pada tampilan All Posts (Semua Postingan) ketika kalian mengintip list postingan/artikel kalian. Ada yang sedikit, ada yang sedang, bahkan ada yang banyak sekali kolom tersebar sampai-sampai judul artikel menurun panjang karena saking sempitnya kolom. Nah, kali ini kita akan mengatur kolom tersebut untuk meminimalisir kolom dalam WordPress kalian.

meminimalisir kolom wordpress
Tampilan di atas adalah kolom list artikel saya yang sudah saya kustom sehingga judul artikel tidak semrawut lagi. Saya hanya memunculkan beberapa kolom yang sekiranya penting seperti judul (ini harus), kategori, tag, tanggal publikasi, SEO, dan beberapa kolom pendukung. Untuk mengustomisasi kolom di WordPress, kalian bisa menggunakan teknik tanpa plugin ataupun dengan plugin. Nah, berikut langkah yang harus kalian lakukan.

Meminimalisir Kolom Tanpa Plugin

Untuk teknik tanpa menggunakan plugin, kalian bisa melakukannya melalui pilihan Screen Options yang ada di atas dashboard admin kalian. Namun, yang perlu kalian ingat adalah pengaturan tanpa plugin hanya sebatas memunculkan atau menyembunyikan kolom. Jika menggunakan plugin, kalian dapat mengatur persentase lebar kolom.

  1. Login ke akun admin WordPress kalian lalu masukkan username dan password.
    tampilan login admin wordpress
  2. Masuklah ke bagian Posts > All Posts pada panel sebelah kiri
    masuk ke all posts
  3. Setelah itu kalian akan memasuki tampilan kolom-kolom yang menyertai list artikel/posting. Untuk mengatur kolom yang muncul, klik Screen Options pada panel kanan atas.
    panel screen options
  4. Selanjutnya akan mencul tampilan pilihan kolom mana saja yang bisa kalian pilih. Berikan centang pada kolom yang ingin dimunculkan.
    pilihan screen options
  5. Akhiri dengan klik Apply.

Sampai tahap ini kalian sudah bisa merasakan kolom kalian sudah berkurang dan terasa longgar. Namun, jika masih merasakan ada lebar kolom yang kurang, untuk mengaturnya kalian harus menggunakan plugin. Lakukan penginstalan plugin yang bernama Admin Columns. Di sini saya asumsikan kalian sudah bisa melakukan penginstalan plugin ya hehe. Lanjutkan untuk masuk ke langkah initinya berikut.

  1. Jika kalian sudah menginstal plugin Admin Columns, jangan lupa lakukan aktivasi dengan klik Activate. Setelah plugin aktif, akan muncul menu Settings di bawah nama plugi. Klik Settings untuk melakukan pengaturan.
    klik setting admin column
  2. Pada tampilan selanjutnya, kalian akan disuguhi nama-nama kolom yang bisa kalian atur. Kalian juga bisa menambahkan kolom baru dengan klik Add Column. Untuk mengatur lebar kolom, klik pada nama kolom yang ingin dirubah sehingga muncul pilihan dropdown seperti berikut.
    atur lebar kolom
  3. Akhiri dengan klik Update atau Save pada pilihan sebelah kiri.
    pilih update kolom

Sampai sini kalian sudah selesai untuk mengatur kolom kalian. Kembalilah ke All Posts dan lihat perubahan yang terjadi. Lebih enak kan tampilannya kalau rapi. Silahkan dilanjut untuk bagian lain yang belum rapi ya 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.