» » Membuat Sound Controller dengan ActionScript 3.0

Membuat Sound Controller dengan ActionScript 3.0

posted in: Tutorial | 0

Kali ini kita akan belajar membuat sound controller atau tombol pengatur suara dengan ActionScript 3.0. Tombol tersebut nanti berisi fungsi on dan off (menyalakan dan mematikan audio) saat diklik.

Dalam membuka aplikasi dengan Flash ataupun Animate, biasanya akan ada audio yang dimasukkan baik itu backsound (musik latar belakang) maupun narasi atau sejenisnya.

Langsung cus sajalah. Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan, jangan lupa sekalian dipraktikkan yes. Bagi kalian yang mendapatkan tugas ini, jangan lupa besok dikumpulkan ya 😀

  1. Buka aplikasi Flash CS6 yang ada di komputer kalian. Jika menggunakan Adobe Animate, silahkan menyesuaikan.
  2. Buat dokumen baru dengan jenis dokumen ActionScript 3.0
    dokumen AS 3.0
  3. Buat ikon audio seperti berikut di frame pertama. Kalian boleh menggunakan daya imajinasi dan seni kalian sesuai
    kreatifitas. Pastinya akan semakin bagus jika lebih berseni daripada yang saya gambarkan.
    ikon audio
  4. Seleksi objek ikon tersebut > klik kanan > Convert to Symbol > Berikan nama movie clip sesuai keinginan. Kalau saya memberi nama dengan mc_sound > pilih tipe Movie Clip > OK.menjadikan ikon to symbol
  5. Klik dua kali objek movie clip yang sudah kalian buat. Tampilan timeline kalian harusnya masuk ke bagian movie clip seperti ini.
    pengeditan movie clip
  6. Tambahkan keyframe baru di frame kedua, kemudian buat ikon audio dengan tanda off. Di sini saya menggunakan tanda silang saja sebagai tanda off-nya.
    ikon audio off
  7. Nah, sekarang kita sudah punya dua keyframe yakni keyframe pertama sebagai audio on dan keyframe kedua sebagai audio off. Okeh, next. Siapin kopi biar makin semangat 😀
  8. Selanjutnya kembali ke frame pertama lalu jadikan gambar ikon audio menjadi symbol dengan klik kanan > Convert to Symbol. Berikan nama tombol_on pada kolom Name > pilih tipe Button > OK.
  9. Agar sebuah symbol bisa dipanggil dengan ActionScript, pastikan memberikan instance name yang ada di panel Properties. Terlebih dahulu klik objek button ikon audio on kalian kemudian lihat panel Properties dan berikan nama seperti berikut.
    instance name tombol on
  10. Kemudian pada frame kedua, jadikan gambar ikon audio sebagai symbol dengan klik kanan > Convert to Symbol. Berikan nama tombol_off pada kolom Name > pilih tipe Button > OK.
  11. Berikan juga instance name untuk tombol off dengan nama tombol_off.
    instance name tombol off
  12. Karena kita akan membuat tombol sound controller, secara otomatis kita juga membutuhkan audio sebagai sumber suara. Silahkan siapkan lagu atau sejenisnya yang dapat dipakai sebagai musik. Sebaiknya memiliki format .MP3 atau .WAV yang biasanya support untuk Flash atau Animate.
  13. Untuk memasukkan audio tersebut, klik menu File > Import to Library > cari file audio yang ingin kalian masukkan.
    import to library
  14. Audio yang masuk akan ada di tampilan panel Library kalian. Jika belum muncul, klik menu Window > Library.
  15. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah memanggil audio. Pemanggilan audio ada dua jenis yakni:
      • pemanggilan manual, dilakukan dengan memasukkan audio ke keyframe (seperti membuat animasi 2 dimensi)
      • pemanggilan dengan ActionScript, dilakukan dengan memberi linkage pada audio.

    Audio yang kita masukkan tadi akan dipanggil dengan ActionScript dengan tombol audio on dan off. Perhatikan lagi tampilan panel Library kalian. Klik kanan pada audio yang telah kalian masukkan > pilih Properties.
    klik kanan audio kemudian pilih properties

  16. Pada tampilan yang muncul, pindah ke tab ActionScript. Berikan centang (checklist) pada Export for ActionScript. Kemudian pada bagian Class, berikan nama laguku
    export for actionscript
  17. Akhiri dengan OK. Jika ada warning, tetap lanjutkan OK. Bilang saja OK deh pokoknya hahaha.
  18. Kemudian buat layer baru untuk meletakkan ActionScript. Kalau saya biasanya suka memberi nama layer ini dengan nama AS alias singkatan ActionScript agar mudah diingat.
  19. Buat dua keyframe pada layer AS. Masukkan script berikut pada keyframe pertama dengan klik kanan keyframe pertama layer AS > Actions.
    script keyframe pertama layer AS
  20. Kemudian masukkan keyframe berikut pada keyframe kedua.
    script keyframe kedua layer AS
  21. Jalankan aplikasi kalian dengan tes CTRL + Enter.
Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.