Membuat Menu di Smart Apps Creator (SAC) – Bagian 1

posted in: Tutorial | 0

Pada artikel keempat yang saya tulis tentang Smart Apps Creator (SAC), kalian sudah belajar tentang mengatur durasi opening. Nah, sekarang kalian kan belajar membuat menu di Smart Apps Creator.

Jika kalian belum tahu apa itu SAC, ada baiknya kalian memulai dari daftar artikel tutorial dalam web ini dalam link berikut.

  1. Smart Apps Creator (SAC) : Mari Berkenalan
  2. Smart Apps Creator (SAC) : Start Page, Page, Section
  3. Opening Beranimasi dengan Smart Apps Creator (SAC)
  4. Mengatur Durasi Opening di Smart Apps Creator (SAC)

Oke cus lanjut ke pembuatan menu. Di sini kalian akan mengenal objek yang bernama Hotspot.

Hotspot di sini bukan semacam wifi atau sejenisnya ya, tetapi hostspot di sini merujuk pada area di mana objek dapat diberikan interaksi. Interaksi di sini nantinya dapat berupa saat diklik, saat animasi dimulai, saat animasi berakhir, dan masih banyak lagi.

Okeh, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka project SAC kalian kemarin. Sudah ada Section baru yang berjudul Darat di situ.
  2. Di page yang masih kosong ini, kita akan membuat dua menu.
    page di section daratpage di section darat
  3. Untuk membuat menu, kita pisahkan section-nya sehingga yang perlu kita lakukan adalah membuat section baru. Section Darat di sini akan menjadi isi dari jenis-jenis hewan darat yang akan muncul.
  4. Klik kanan di bawah page kosong yang berada di section Darat > pilih New Section
    pilih new section
  5. Setelah section baru muncul, nama awal section tersebut biasanya Default Section. Ubah namanya dengan klik kanan pada teks Default Section > pilih Rename Section.
    rename section
  6. Pada kotak dialog yang muncul, berikan nama baru dengan judul Menu Utama. Akhiri dengan Submit.
    section menu utama
  7. Setelah section Menu Utama selesai dibuat, posisi section tersebut berada di bawah section Darat. Seharusnya section Menu Utama ada di atas section darat karena secara hirarki di menu utama akan ada menu Darat yang saat diklik akan menuju ke page di section Darat.
  8. Pindahkan section Menu Utama ke atas dengan melakukan drag and drop section Menu Utama ke atas section Darat seperti berikut.
    drag and drop section menu utama
  9. Kemudian, di section Menu Utama buatlah teks yang akan menjadi keterangan menu yang disajikan. Dalam project contoh ini kita akan membuat jenis-jenis binatang yakni Darat, Laut, dan Udara. Untuk membuat teks, klik menu Insert > pilih Horizontal Text.
    insert horizontal text
  10. Ketikkan teks yang ingin kalian masukkan. Jika ingin melakukan pengaturan seperti perubahan jenis font, ukuran font, perataan teks, atau sejenisnya, lakukan dengan blok teks terlebih dahulu kemudian ikut cara seperti berikut (buka di PC/komputer/laptop ya agar kelihatan lebih jelas).
    perbesar teks di SAC
  11. Lakukan hal yang sama untuk membuat teks menu Darat, Laut, Udara sehingga tampilan akan seperti berikut.
    tampilan page menu utama
  12. Kalian bisa mempermanis tampilan page tersebut dengan memberi background, gambar, atau sejenisnya seperti langkah yang sudah kalian pelajari pada artikel sebelumnya ya.

Nah, untuk bagian pertama sementara kita tutup dulu ya di sini biar gak terlalu panjang artikelnya dan kalian juga gak capek mempraktikannya 😀

Kita sambung di tutorial selanjutnya dalam tutorial Bekerja dengan Hotspot. Selamat mencoba.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.

Muhammad Faizin
Latest posts from