Membuat Menu di Smart Apps Creator – Bagian 2

posted in: Tutorial | 0

Dalam artikel sebelumnya, kalian sudah belajar tentang membuat menu di Smart Apps Creator. Bagi yang ketinggalan, tenang. Kalian masih bisa menyimak langkah-langkahnya di artikel-artikel berikut.

  1. Smart Apps Creator (SAC) : Mari Berkenalan
  2. Smart Apps Creator (SAC) : Start Page, Page, Section
  3. Opening Beranimasi dengan Smart Apps Creator (SAC)
  4. Mengatur Durasi Opening di Smart Apps Creator (SAC)
  5. Membuat Menu di Smart Apps Creator (SAC) – Bagian 1

Jika masih belum punya software SAC, kalian bisa download dari web resminya di https://smartappscreator.com/

Kita lanjut ke langkah berikutnya yakni menambahkan hotspot untuk interaktivitas agar masing-masing menu bisa diklik dan menuju ke masing-masing kontennya.

Bekerja dengan Hotspot

Setelah tampilan selesai, yang perlu kita lakukan adalah menambahkan hotspot untuk memberikan interaksi agar ketika masing-masing menu diklik, akan menuju ke masing-masing halaman sesuai kontennya.

Sebelum membuat hotspot, kalian harus membuat section baru untuk Laut dan Udara karena nantinya menu akan kita link-kan ke page di section tersebut. Untuk section Darat di project kita tadi sudah ada.

Masih ingat kan cara membuat section baru dan mengganti namanya? Yup, just do that. Jika sudah, kita lanjut pembuatan hostpot dengan langkah berikut.

  1. Klik menu Insert > pilih Hotspot
    insert hotspot
  2. Buat tiga hotspot dan atur ukurannya agar menutupi panjang teks menu. Berikut saya contohkan satu hotspot untuk menu Darat ya. Untuk menu yang lain, buat hotspot lagi dengan langkah yang sama seperti contoh di atas.mengatur ukuran hotspot di sac
  3. Tampilan lengkap project milikku kira-kira seperti ini yes.
  4. Selanjutnya buatlah judul untuk di page awal Darat, Laut, dan Udara sebagai penanda jika nanti tombol menu diklik dan ternyata sudah berpindah ke halaman yang sesuai. Tampilan project akan seperti berikut.
  5. Sekarang, kita berikan interaksi untuk menu. Lihatlah kembali page Menu Utama. Klik hotspot Darat > pilih menu Interaction > Touch > pada bagian Object pilih Hotspot 1 sebagai hotspot untuk menu Darat.
    pilih touch kemudian hotspot 1
  6. Selanjutnya, berikan Switch Page utnuk memberikan link pada menu. Tampilan Switch Page akan memunculkan kotak seperti berikut.
    langkah switch page pada SACKalian pilih section mana yang akan dituju. Dalam hal ini, menu darat ketika diklik akan menuju section Darat. Kemudian pada section Darat akan muncul page yang ada di dalamnya. Klik tanda panah agar page yang dituju masuk ke bagian Selected Page (di sebelah kanan). Jika nantinya terdapat banyak page, kalian juga bisa mengarahkan ke page tertentu sesuai yang kalian inginkan.
  7. Akhiri dengan Submit.
  8. Coba lakukan Preview At Beginning terlebih dahulu untuk melihat hasil sementara aplikasi kalian dan klik pada menu Darat.

Apakah sudah bisa nge-link menu Darat kalian? Jika sudah, menu Darat telah selesai. Kalian lakukan langkah yang sama secara mandiri yang untuk menu Laut dan menu Udara yang ada di project kalian.

Jangan lupa disimpan agar ketika mati listrik tak terduga project kalian tidak hilang hahaha. Selamat bekerja 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.