Membuat dan Mempersingkat Link dengan GG.GG

posted in: Tutorial | 0

Banyak di antara kita yang susah mengingat link yang panjang sehingga mencari cara untuk mempersingkat link tersebut. Salah satunya adalah dengan GG.GG untuk membuat dan mempersingkat link yang tersedia secara gratis.

 

Banyak sekali alternatif yang dapat digunakan untuk mempersingkat link/URL. Negeri ini sendiri mempunyai s.id untuk mempersingkat URL yang kalian miliki. Kalian bisa memilih alternatif tersebut karena memiliki fitur yang sama yakni bisa dikustom URL/link sesuai keinginan kita.

Dalam artikel ini untuk sementara saya bahas dengan GG.GG dulu saja. Cus yuk ke langkah-langkah yang harus dilakukan 😀

  1. Pastikan kalian sudah memiliki link yang akan dipersingkat. Biasanya link yang panjang berasal dari data yang sudah diupload di Google Drive dan beberapa cloud penyimpanan lain.
  2. Setelah kalian copy link yang panjang tersebut, buka web dengan alamat gg.gg
  3. Dalam tampilan yang muncul, paste link kalian di kotak yang tersedia (bertuliskan Put your long URL here…)
    paste link yang akan dipersingkat
  4. Eitsss…sampai sini jangan terburu-buru untuk mengklik Shorten URL ya. Kalau kalian langsung mengklik Shorten URL, link singkat yang akan muncul adalah suka-suka pihak GG.GG alias tidak sesuai keinginan kalian sendiri. Hasilnya seperti ini nih kalau suka-suka GG.GG
    hasil link suka-suka GG.GGLink yang dihasilkan masih susah diingat kan?
  5. Agar mendapatkan link yang mudah diingat, terlebih dahulu kalian kustom linknya dengan klik Customize link yang berada di atas tombol Shorten URL. Kemudian kalian masukkan kata yang mudah kaian ingat untuk mempersingkat link kalian.
    customize link dengan gg.gg
  6. Akhiri dengan klik Shorten URL.

Nah, sampai sini sudah selesai. Namun, kata yang kalian masukkan belum tentu semua bisa digunakan ya. Jika kata tersebut sudah dipakai orang lain (atau bahkan kalian sendiri sudah pernah memakainya), akan ada tanda peringatan bahwa link yang akan kalian buat tidak bisa digunakan.

Itu artinya kalian harus menggunakan kata lain. Nah, di sinilah kalian akan belajar untuk merangkai kata layaknya para pujangga 😀

Okeh, cukup sampai di sini dulu untuk kegiatan kita hari ini dengan menggunakan GG.GG untuk membuat dan mempersingkat link yang kalian miliki. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar ya.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.