Membuat Aplikasi Mobile Learning: Frame Label

posted in: Tutorial | 0

Pada artikel sebelumnya, kalian sudah mempelajari tentang pembuatan opening pada aplikasi mobile learning. Nah, sekarang kita akan melanjutkan seri pembelajarannya dengan masuk ke materi frame label untuk membuat aplikasi mobile learning.

Masih Flash Lite

Oiya, dalam tutorial ini masih dengan menggunakan Flash Lite ya. Tenang saja, Flash Lite juga bisa berjalan di android kok dengan menggunakan SWF Player yang bisa kalian unduh secara gratis di Playstore.

Untuk pembuatan tutorial secara langsung dengan materi AS 3.0 untuk APK semoga bisa menyusul perlahan. Doakeun semoga sesuai dengan target yang diharapkan ya. Amiin…

Okeh, langsung saja kita lanjut praktik untuk pembuatan aplikasi mobile learning kali ini.

  1. Pastikan kalian sudah mempelajari pembuatan opening karena kita hanya akan melanjutkan langkahnya saja biar lebih mudah karena saling berkesinambungan.
  2. Buatlah layer baru di atas layer isi dengan nama β€œlabel”
    timeline setelah insert frame ke 25
    Timeline sebelum ada layer label
    menambahkan layer label
    Timeline setelah ada layer label
  3. Masukkan lima keyframe di layer label, yakni di frame ke-1, frame ke-5, frame ke-10, frame ke-15, dan frame ke-20 yang nantinya akan kita jadikan keyframe tersebut sebagai label frame.
    insert keyframe di layer label
  4. Perhatikan kotak Frame Label pada panel Properties. Tuliskan nama label seperti berikut :
    • opening untuk keyframe ke-1
    • menu untuk keyframe ke-5
    • flashdasar untuk keyframe ke-10
    • flashlite untuk keyframe ke-15
    • evaluasi untuk keyframe ke-20Yang perlu diperhatikan adalah dalam penulisan frame label, sebaiknya menggunakan huruf kecil semua dengan kata yang tidak terlalu panjang dan haram untuk mengetikkan spasi.
      membuat frame label
  5. Jika semua keyframe tersebut sudah diiberi label, maka tampilan Timeline akan terlihat dengan bendera merah di atasnya seperti gambar berikut :
    tampilan layer yang telah diberi frame label

Nah, sampai tahap ini pembuatan frame label sudah selesai. Gimana? So easy, right? Yah, pastinya mudah lah karena belum sampai pada tahap perkodingan inti hehe. Santai saja, ada saatnya nanti kalian akan menjadi pendekar perkodingan. Pelan tapi pasti.

Jika ada kesulitan baik dalam tahap opening maupun tahap pembuatan frame label ini, jangan malu untuk berkomentar yes agar kalian tidak tersesat ke jalan yang salah untuk langkah selanjutnya.

Dalam tutorial selanjutnya, kita akan belajar membuat softkey yakni pembuatan fungsi tombol untuk navigasi aplikasi mobile learning kalian. Selamat belajar dan jangan lupa makan πŸ˜€

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.