» » Membuat Animasi Frame by Frame Flash

Membuat Animasi Frame by Frame Flash

posted in: Tutorial | 0

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas apa itu animasi frame by frame termasuk berkenalan dengan frame dan keyframe. Yup, inti dari animasi frame by frame adalah tentang frame dan keyframe. Sekarang akan kita coba untuk praktik membuat animasi frame by frame sederhana.

membuat animasi frame by frame
Pendahuluan

Flash memiliki lima teknik dasar animasi yang biasanya digunakan. Lima dasar teknik itu adalah animasi frame by frame, animasi shape, animasi motion tween, animasi motion guide, dan animasi masking. Okeh, langsung masuk ke inti acara tentang apa itu animasi frame by frame.

Sebelum masuk ke penjelasan animasi ini, alangkah baiknya kita mengenal frame dalam Flash. Layaknya membuat film, animasi baik 2D maupun 3D juga mengenal yang namanya frame. Frame dalam film atau animasi diartikan sebagai gerakan dan akan lebih tepat disandingkan dengan waktu yakni frame per second (FPS). Frame per second berarti jumlah gerakan yang dilakukan tiap detik. Dalam satu detik, sebuah gerakan film/animasi bisa menjalankan beberapa frame sekaligus secara cepat.

Jika kalian pernah menonton pembuatan kartun Tom & Jerry yang masih menggunakan kertas yang bertumpuk, maka tumpukan kertas itulah yang dikenal sebagai frame dan akan dijalankan secara cepat sehingga membentuk gerakan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi frame by frame merupakan teknik animasi yang menjalankan frame demi frame untuk membentuk gerakan animasi.

Animasi frame by frame biasanya digunakan untuk gerakan objek yang sangat detail dan halus. Tiap-tiap frame akan dimasuki objek yang tersusun rapi dalam sebuah keyframe yang berbeda. Berikut sekilas contoh penggunaan frame by frame.

animasi frame by frame
Animasi frame by frame sederhana

Coba perhatikan pada stage dan pergerakan frame (bagian bawah dengan yang berada pada Layer 1). Dalam animasi tersebut secara beruntun terdapat 5 keyframe dengan warna lingkaran yang berbeda. Tanda warna keyframe adalah bulatan hitam pada tiap-tiap frame. Jika kalian belum bisa membedakan frame dan keyframe, coba lihat gambar berikut. Frame hanya perpanjangan durasi, sedangkan keyframe adalah perubahan objek.gerakan.

perbedaan frame dan keyframe
Perbedaan frame dan keyframe

Semakin panjang frame sebuah objek, maka objek tersebut akan memiliki durasi tayang lebih lama. Semakin banyak sebuah keyframe dapat diartikan semakin banyak objek berbeda yang muncul dalam sebuah film/animasi.

Membuat Animasi Frame by Frame

Berikut langkah mudah dan sederhana sekali dalam membuat animasi ini. Mengapa sederhana? Agar yang pemula bisa memahami dan mempraktikkan dengan mudah ya karena di sini kita sama-sama belajar hehe. Okey, langsung saja ke inti pembicaraan.

  1. Bukalah aplikasi Flash kalian. Silahkan pakai versi Flash berapapun karena untuk tahap ini semua versi Flash mendukung.
  2. Buat dokumen baru, pilih versi dokumen dengan AS (Action Script) sesuai keinginan kalian. Semua versi tersebut mendukung untuk dasar animasi yang akan kita buat. Dalam demo ini, saya akan memakai AS2 saja ya dengan Adobe Flash CS6.pilih dokumen AS2
  3. Untuk sementara, kalian abaikan ukuran stage. Biarkan saja stage demikian adanya dengan ukuran bawaannya (default). Sekarang, buatlah lingkaran dengan oval tool dan berikan warna sesuka kalian. Perhatikan animasi berikut.membuat lingkaran
  4. Langkah berikutnya, buat keyframe baru di sebelah keyframe kedua pada Layer 1. Klik kanan di frame kedua > pilih Insert keyframe seperti tampilan berikut.
    buat keyframe baru
  5. Ubah warna lingkaran pada keyframe kedua dan pastikan berbeda dengan warna pada keyframe pertama tadi. Mengapa harus berbeda? Agar terlihat jelas animasi frame by frame yang telah kita buat ketika dimainkan. Jika warnanya sama, animasi frame by frame tidak akan kelihatan bahkan tidak ada bedanya dengan hanya memanjangkan durasi frame.ubah warna lingkaran
  6. Buatlah beberapa keyframe dengan pergantian warna lingkaran seperti di atas sampai sekitar lima keyframe.
    buat lima keyframe
  7. Untuk memainkan animasi, tekan Ctrl + Enter secara bersamaan dari keyboard kalian.

Bagaimana? Apa yang kalian lihat dari animasi frame by frame kalian? Jika kalian melihat pergantian warna yang terjadi secara kontinyu di animasi kalian, itu artinya kalian berhasil membuat animasi frame by frame. Jika belum, bisa dipastikan ada yang salah dengan langkah kalian sebelumnya. Jangan ragu untuk berkomentar ya jika ada problem. Malu bertanya sesat di depan Flash loh hehe. Selamat belajar 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from