Membuat Alur Workflow Layer Parenting di Animate CC

posted in: Tutorial | 0

Dalam artikel sebelumnya tentang Layer Parenting, kalian sudah mengenal apa itu Layer Parenting beserta cara membukanya dalam timeline Animate CC. Sekarang pada artikel ini kalian akan saya ajak untuk membuat alur workflow Layer Parenting.

Anatomi dalam Layer Parenting yang akan kita pelajari adalah anatomi pergerakan manusia seperti dalam artikel sebelumnya di atas.

Anatomi tubuh manusia dalam Layer Parenting
Anatomi tubuh manusia dalam membuat alur workflow Layer Parenting

Pada gambar di atas, kalian bisa melihat bagian-bagian tubuh yang terkotak-kotak. Masing-masing tubuh itu terpisah layer sehingga akan mudah dalam melakukan Layer Parenting.

Sebagai contoh, saya ambil gerakan bagian kaki ya. Logika anatomi penggerakannya begini:

Bagian-bagian saat melakukan pergerakan kaki
Bagian-bagian saat melakukan pergerakan kaki

Saat kaki bagian atas (nomor 1) bergerak, otomatis bagian nomor 2, 3, dan 4 juga akan bergerak. Ibaratkan kita manusia, jika kaki kita di bagian nomor 1 tersebut bergerak, pasti anggota kaki yang bawah juga akan bergerak.

Untuk mengetes pergerakan di Layer Parenting ini, kalian bisa menggunakan Free Transform Tool. Kemudian rotasikan bagian tubuh untuk melihat pergerakannya seperti berikut.

Animasi pergerakan kaki dengan Layer Parenting
Animasi pergerakan kaki dengan Layer Parenting

Nah, dengan animasi tersebut sekarang kalian lebih jelas kan untuk menggunakan Layer Parenting 😀

Okeh cus kita bedah cara pembuatan workflow Layer Parenting-nya ya.

  1. Buka timeline kalian sehingga muncul tampilan Layer Parenting seperti berikut.
    Bagian torso yang menjadi pusat pergerakan seluruh anggota tubuh
    Bagian torso yang menjadi pusat pergerakan seluruh anggota tubuh

    Pada tampilan di atas, kalian bisa melihat bahwa titik garis pertama dimulai dari layer Torso. Objek torso ini adalah badan sebagai tempat pusat pergerakan semua anggota tubuh.

    Jika kalian gerakkan torso tersebut dengan Free Transform Tool, semua anggota tubuh yang lain juga akan bergerak.

  2. Sekarang lepaskan dulu semua workflow dari bagian-bagiannya agar kita bisa mempraktikkan langsung dalam membuat workflow Layer Parenting.

    Untuk menghapus workflow, kalian tidak bisa langsung menghapus dari bagian Torso. Sebaiknya mulailah dari bagian tubuh yang pergerakannya paling akhir.

    Di sini saya mencontohkan untuk menghapus workflow Sneaker. Klik (kiri ya bukan kanan) sebelah kanan titik workflow di layer Sneaker > pilih Remove parent.

    Perhatikan gambar berikut.

    Menghapus workflow Layer Parenting
    Menghapus workflow Layer Parenting
  3. Lakukan begitu seterusnya sampai semua workflow habis. Tampilan timeline kalian nanti akan seperti berikut.
    Semua workflow sudah terhapus
    Semua workflow sudah terhapus
  4. Sekarang kita buat workflow-nya dari awal. Ingat, yang menjadi pusat tubuh di sini adalah Torso. Jadi, semua workflow harus mengarah ke Torso. Saya mencontohkan dengan memulai dari objek yang berada terdekat dengan Torso yakni layer Arm_upper.
    Membuat workflow Layer Parenting
    Membuat workflow Layer Parenting

    Kalian cukup melakukan drag saja anggota tubuh yang menyatu ke bagian-bagian di atas. Jadi, leher nanti menyatu dengan Torso. Kemudian kepala menyatu dengan leher, bukan Torso lagi karena ada leher yang menjadi penghubung kepala dengan Torso.

Sampai di sini saya rasa sudah selesai untuk membuat alur workflow Layer Parenting di Animate CC. Jika masing ada yang bingung, bertanyalah di kolom komentar ya 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.