Memasukkan Audio di Animate CC

posted in: Tutorial | 0

Setelah banyak membahas topik lain di postingan, sekarang saatnya berbagi ilmu lagi yes hehe. Nah, kali ini kita akan belajar tentang memasukkan audio di Animate CC.

Okeh cus langsung ke pembahasan lah ya. Lagi males basa-basi menjelang lebaran hahaha.

  1. Nyalakan laptop atau komputer kalian, kemudian buka software Adobe Animate CC 2019.
    tampilan animate cc
  2. Kalian akan masuk pada tampilan awal Adobe Animate CC 2019. Nah, jika kalian sudah hafal dengan tampilan Adobe Flash, pasti akan terasa canggung di awal ini. Tampilan awal Animate akan sangat berbeda.
  3. Selanjutnya karena di sini kita beracuan pada pembuatan aplikasi multimedia pembelajaran. Kalian pilih menu Education. Kalian boleh memilih ukuran sesuai yang kalian inginkan. Saya di sini memilih Android 3.2 dengan ukuran 960 x 640. Dan jangan lupa ganti Platform Type kalian dengan AIR for Android.
    tampilan awal animate
  4. Setelah kalian sudah melakukan pengaturan di atas, kini saatnya kalian melakukan input (memasukkan) audio ke Adobe Animate CC 2019. Caranya, kalian klik menu pada tab File.
    klik menu File
  5. Lalu kalian pilih Import > Import to Library.
    import to library
  6. Lalu kalian silahkan pilih audio yang mau kalian input ke Adobe Animate CC 2019. Kalian bisa klik audio tersebut dan klik OK.
    cari audio
  7. Okey. Sekarang audio kalian udah masuk nih di Adobe Animate CC 2019. Langkah selanjutnya masukkan audio kalian ke stage ya. Caranya kalian klik pada menu Library dan drag audio kalian ke stage, (ehh kalau kalian mau ngepasin audio kalian di frame berapa juga bisa kok). Setelah kalian drag maka secara otomatis audio kalian udah masuk di frame yang kalian inginkan.
    drag audio ke stage
  8. Coba cek pada frame audio di mana kalian nempatin audionya tadi. Kalau frame kalian ada kayak garis merah itu berarti audio kalian udah masuk. Kalau belum ada berarti kalian harus drag lagi ya.
    audio sudah masuk di timeline
  9. Final step nih, coba kalian Ctrl+Enter dan cek apakah audio kalian bisa berbunyi.
    tes audio

Nah, itu tadi cara memasukkan audio di Animate CC.

“Lho kok kosong tampilannya?” Iya gakpapa, yang penting audio kedengeran aja. Pastikan juga sound kalian sudah on beserta perangkatnya ya. Tampilan yang muncul itu hanya menampilkan objek yang ada di stage. Kalau audio sifatnya memang tidak untuk dilihat, tapi untuk didengar hehe.

Artikel ini dibuat oleh Indra Kurnia Dhuhri dari XII Multimedia 1 SMK N 1 Demak dengan beberapa modifikasi teksnya ya. Selamat mencoba. Jika masih ada yang gagal, bisa meninggalkan jejak di kolom komentar ya 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.