» » LoadMovie dengan ActionScript 3 pada Adobe Flash

LoadMovie dengan ActionScript 3 pada Adobe Flash

posted in: Tutorial | 6

Berhubung ada temen sejurusan yang kesulitan dalam melakukan load external swf file dengan AS3, muncullah tutorial ini. Walaupun pada dasarnya di Gugel (baca: Google) juga sudah banyak beredar, mungkin masih agak susah dicerna karena penjelasannya yang kurang detail. Dalam tutorial ini akan saya buat sedetail mungkin, tetapi dengan asumsi kalian sudah mengetahui dasar-dasar Flash ya seperti symbol (movieclip, button, dan graphic) termasuk juga jenis animasi di dalamnya. So, tutorial ini hanya akan membahas sesuai judulnya saja yakni loadMovie dengan ActionScript 3 pada Adobe Flash.

Bagi yang sudah terbiasa dengan AS2 (di sini ActionScript saya singkat dengan AS ya coz I think it’s familiar for Flash users), untuk move on ke AS3 mungkin akan sedikit butuh perjuangan seperti saya dulu yang harus berjuang keras di Object Oriented Programming (OOP) dan sampai sekarang pun masih perlu banyak belajar 😀

Berhubung saya di semester ini juga sudah lama tidak memegang programming dan hanya berkait dengan Word and Word and Word everyday for skripsi, mungkin saya butuh sedikit pijatan tangan. Ada yang mau mijitin? sodorin jari hehe. Kunci kalian dalam belajar ilmu komputer adalah never give up and try till you can do what do you wanna do. Okey, let’s begin.

  1. Pastikan sudah terbuka Adobe Flash kalian. Kalian boleh memakai Flash CS3 ke atas dan di sini saya memakai Flash CS6.
  2. Saya asumsikan kalian sudah bisa membuat button dan dua layer seperti tampilan screenshot di bawah ini.
    Layer AS dan Button
    Siapkan dua layer dengan nama layer AS dan Button

    O, iya…dalam pembuatan button, saya ambil langsung dari library button bawaan Flash yang dapat kalian pilih melalui menu Window > Common Libraries > Buttons. Selanjutnya akan keluar panel External Library dengan beberapa pilihan button di dalamnya yang dapat kalian gunakan (silahkan dipilih-dipilih). Kalian cukup melakukan drag and drop button dari External Libraries ke stage. Jadi, kalian gak perlu bikin button dari awal. It’s too easy, right? 😀

    External Libraries
    External Libraries
  3. Layer AS akan kita gunakan untuk menempatkan script di frame karena seperti yang kalian tahu AS3 tidak menerima peletakan script langsung di objek dan hanya mau di frame. Layer Button akan kita gunakan untuk meletakkan objek button.
    3) Pilihlah objek button kalian dan perhatikan pada tampilan Properties > berikan instance name. Di sini saya menamainya dengan “load_btn“. Pastikan TIDAK ADA SPASI dalam pemberian instance name.

    Berikan instance name pada button
    Berikan instance name pada button

     

  4. Pilih frame pada layer AS dan tekan F9 pada keyboard untuk memunculkan panel Actions.
  5. Pastikan kalian juga telah menyiapkan folder dan file .swf yang akan di-load seperti susunan file saya berikut ini.
    Struktur penyimpanan file
    Struktur penyimpanan file

    Kalian harus meletakkan file .swf dan file yang akan me-load swf tersebut dalam satu folder kecuali kalau file .swf yang akan kalian load berasal dari internet. Untuk sementara kita tidak akan menggunakan .swf dari internet karena kita memiliki sampel .swf sendiri.

  6. Ketikkan (Ingat !!! Ketik ya jangan copas karena copas tidak akan menjadikan kalian ahli kecuali kalau kalian memang sudah memiliki dasar pemahaman AS3 yang baik) script berikut di panel Actions.

    Ada yang sudah bisa memahami tentang script di atas? Yup…penjelasannya adalah sebagai berikut.

    Button yang sudah kita beri instance name dengan nama load_btn kita tambahkan listener (addEventListener) di mana ketika mouse diklik akan menjalankan function bernama klikMuat. Selanjutnya function klikMuat tersebut dijabarkan sebagai function untuk menjalankan function muatSWF(). Penjelasan atau deklarasi dari function muatSWF() adalah akan menampilkan url dengan nama file sample.swf yang telah kita buat tadi dan menambahkannya di stage.

    Gimana? Mudah kan? Kalau mubeng silahkan baca berulang kaya dzikir biar makin lama makin paham. Ingat kuncinya ya, never give up 🙂

  7. Simpan project sementara kalian di folder yang sama dengan lokasi folder sample.swf ya dan coba lakukan test movie dengan Ctrl + Enter. Lakukan klik pada button yang kalian buat dan lihat hasilnya.
  8. Bagaimana? Apakah tampilan sample.swf sudah masuk di stage? Ada yang janggal kah?
    Yup…lokasi sample.swf secara default akan berada di pojok kiri atas karena kita belum mengatur koordinat x dan y. Jika ingin mengatur posisi sesuai keinginan, silahkan tambahkan script berikut ini di bawah addChild.

  9. Final code-nya akan menjadi seperti ini.

    Nilai angka 200 bisa kalian ganti sesuai keinginan kalian yah. Coba lakukan test movie lagi.

  10. It’s done. File sample.swf sudah dapat di-load. Silahkan kalian percantik tampilan dan konten dengan kreativitas kalian dan yang pasti jangan hanya dibaca, tetapi juga praktikkan langsung karena belajar ilmu komputer tanpa praktik bagai taman tak berbunga *nyanyi dulu*

Saya juga menyertakan source code yang dapat kalian download di link berikut ini loadMovie AS3
Happy coding dan jangan lupa ngopi bagi para pejuang skripsi 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from
  • manteb,, nyoba -> langsung oke…. 🙂
    kalo script buat yang UnLoadMovie gaan????
    **hehe,, mintak tolong sangat ini

    • Ditampung dulu request-nya, kak. Pantau terus web kami ya 😀

  • kak mau nanya.aku lagi bikin TA game gobak sodor. aku ada singleplayer dan multiplayer. sedangkan file fla mereka terpisah. aku mau load file multiplayer dari file single player. aku uda ikutin sesuai sama ang diatas. tetep gabisa muncul saat ditekan tombolnya. udah satu folder juga file swf si multiplayer. bagaimana ya kak? mohon pencerahannya…

    • Wah, keren nih TA-nya. Btw, komenmu masuk sebagai spam, maaf ya baru kebaca hehe *cheers*
      Untuk loadMovie dengan Flash, menyesuaikan actionscript file swf yang diload. Usahakan actionscriptnya sama untuk fiile yang akan ngeload swf dan file swf yang diload. Buat juga movieclip kosong baru dengan instance name dan di frame baru untuk load swf.
      Semoga membantu 😀

      • fall

        Kalo mau nge load swf dari library nya langsung gmna mas..

        • Maaf nih, baru online lagi >.< Kalo mau ngeload dari library, istilah script-nya pake attachMovie. Movieclip-nya di-linkage terlebih dahulu. Next time kalau ada waktu luang insyaAllah ada tutorialnya. Terima kasih sudah mampir 😀