» » Lima Teknik Dasar Animasi 2D Untuk XI MM

Lima Teknik Dasar Animasi 2D Untuk XI MM

posted in: News | 0

Assalamu’alaikum. Selamat siang untuk XI Multimedia. Hari ini dengan sangat bahagia (semoga begitu ya 😁), kalian harus mendapatkan tugas lagi. Hari ini saya tidak bisa mengisi kelas kalian karena ikut mendampingi kakak kelas kalian dalam grandfinal lomba aplikasi mobile. Mohon doa kalian semua untuk kelancaran ya 🙏

Pertemuan hari ini, kalian akan belajar secara mandiri tentang lima teknik dasar dalam animasi dua dimensi dalam aplikasi yang kalian gunakan yakni Adobe Flash Professional. Lima teknik tersebut adalah animasi frame by frame, animasi motion shape, animasi motion tween, animasi motion guide, dan animasi masking. Yuk kita bahas sekilas masing-masing animasi tersebut yes.

Lima Teknik Animasi Dasar dalam Flash

  1. Animasi Frame by Frame
    Masih inget frame dan keyframe kan? Nah, disebut animasi frame by frame karena susunan frame dan keyframe yang ada terbentuk secara berurutan secara terus menerus.

    struktur timeline frame by frame
    Struktur timeline frame by frame
  2. Animasi Motion Shape
    Animasi motion shape digunakan untuk animasi perubahan bentuk. Contoh: saat ingin membuat animasi berubah bentuk dari objek kotak ke objek lingkaran.

    Struktur timeline animasi motion shape
    Struktur timeline animasi motion shape
  3. Animasi Motion Tween
    Animasi motion tween digunakan untuk membuat gerakan perubahan posisi objek. Yang perlu diperhatikan adalah animasi ini tidak digunakan untuk perubahan bentuk objek. Perubahan bentuk objek menggunakan animasi motion shape.

    Struktur timeline motion tween
    Struktur timeline motion tween
  4. Animasi Motion Guide
    Animasi motion guide digunakan untuk membuat alur sehingga laju objek dalam animasi akan mengikuti pola alur yang telah kita buat.

    Struktur timeline motion guide
    Struktur timeline motion guide
  5. Animasi Masking
    Animasi masking digunakan untuk membuat gerakan yang hanya muncul bagian tertentu. Dalam animasi ini, kita memerlukan objek lain untuk menutup (mask = tutup) agar animasi muncul sesuai keinginan.

    Struktur timeline masking
    Struktur timeline masking

Animasi di atas akan sering kalian gunakan sebagai dasar utama dalam membuat animasi dua dimensi yang nanti akan berlanjut dalam teknik animasi tiga dimensi kalian.

Tugas Hari Ini

Nah, kalian saya sediakan satu lampiran materi untuk pembelajaran mandiri di tugas hari ini. Lampiran tersebut bisa kalian download di link berikut.

Materi Lima Teknik Animasi Dasar

Setelah kalian pelajari, kerjakan tugas berikut !

  1. Masuklah ke lab sesuai jadwal kalian dan pastikan unit komputer yang kalian gunakan sudah terinstal Flash.
  2. Buatlah lima animasi dasar seperti lampiran materi yang saya sediakan. Jika ada animasi yang menggunakan gambar, kalian boleh menggunakan gambar bebas sesuai keinginan. Gerakan animasi tidak harus sama persis seperti lampiran materi di atas. Gerakan boleh bebas, tetapi tetap harus menggunakan konsep lima animasi dasar seperti lampiran materi.
  3. Kumpulkan tugas dalam satu folder per siswa. Folder dinamai dengan nama lengkap masing-masing siswa. Jadi, dalam satu folder akan ada lima animasi dasar.
  4. Pastikan tidak ada copy paste dalam tugas. Kalian tau konsekuensi copy paste dalam kelasku kan? 😀

Selamat bekerja ya.

 

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.