» » LICECap : Rekam Layarmu dan Jadikan GIF

LICECap : Rekam Layarmu dan Jadikan GIF

posted in: Tutorial | 0

Ada yang sudah pernah mendengar LICECap? Bagi yang sudah pernah menggunakannya tentu tidak asing lagi. Bagi yang belum, mari kita berkenalan dengan aplikasi untuk merekam layar dan menjadikannya ke GIF.

Bagi para pembuat tutorial, aplikasi yang biasa digunakan untuk merekam layar desktop/PC adalah Camtasia dan kalian bisa mencoba versi trial atau bahkan mencari versi petani (bajakannya). Namun, Camtasia akan lebih cocok jika output format setelah kalian merekam adalah untuk video seperti AVI, MP4, atau sejenisnya. Tentu saja video tersebut biasanya memiliki ukuran file yang relatif besar dan kalian butuh space video publisher seperti Youtube untuk mempublikasikan video kalian. Untuk mempublish-nya di web, kalian bisa memasang embed code yang disediakan oleh Youtube.

Namun, tahukah kalian bahwa ada aplikasi gratis yang opensource yang memiliki kemampuan serupa dengan Camtasia. Lebih kerennya lagi hasil output bukan berupa video, tetapi berupa gambar bergerak atau GIF yang berukuran relatif lebih kecil daripada video. Alangkah lebih mudahnya memasukkan gambar baik itu GIF, JPEG, PNG, atau sejenisnya ke dalam web daripada memasukkan sebuah video. Benar kan?

aplikasi licecap
LICECap from Cockos, Inc
LICECap

Dalam penjelasan di atas sudah saya singgung sedikit tentang fungsi LICECap yakni dapat membantu kalian untuk merekam tampilan layar dan menjadikannya gambar GIF. Aplikasi ini dapat kalian unduh secara gratis di http://www.cockos.com/licecap/ dan sudah tersedia untuk Windows dan OSX alias Mac User. Sayang juga ya belum tersedia untuk versi Linux. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya karena biasanya aplikasi opensource seperti LICECap juga diharapkan berkontribusi untuk pengguna sistem Linux.

Cara menggunakannya cukup sederhana. Perhatikan langkah berikut.

  1. Setelah kalian download LICECap, lakukan instalasi dengan ikuti petunjuk yang ada. Ya seperti biasanya saja dengan klik next…next…dan next 😀
  2. Buka aplikasi LICECap yang sudah terinstal. Kalau tidak ada shortcut di desktop kalian, buka lewat Start Menu dan cari LICECap seperti berikut. O, iya…saya pakai Windows 10 ya untuk demo kali ini.
    LICECap di Windows 10
    LICECap di Windows 10
  3. Setelah aplikasi LICECap terbuka, kalian akan melihat kotak di layar kalian yang transparan tengahnya alias tembus pandang. Nah, tampilan transparan atau tembus pandang inilah yang akan merekam layar kalian dan menangkap semua gerakan di layar kalian. Kalian bisa memperlebar atau menyempitkan ukurannya sesuai layar yang ingin kalian record dengan menarik ujung-ujungnya seperti berikut.tarik untuk mengatur ukuran licecap
  4. Kalian juga bisa mengaturnya langsung dengan memasukkan angka sesuai yang kalian inginkan pada bagian kiri bawah.
    atur licecap dengan input angka
  5. Klik Record untuk memulai perekaman
  6. Kalian akan diminta untuk menentukan lokasi penyimpanan file. Pilih lokasi penyimpanan yang kalian inginkan.
  7. Setelah itu, proses recording akan berjalan. Kalian bisa melakukan pause atau menghentikan proses recording untuk sementara dan melanjutkannya kembali dengan klk unpause. Jika sudah selesai, akhiri dengan klik stop.
  8. Cek lokasi kalian menyimpan file tadi dan coba jalankan dengan pembuka gambar GIF (biasanya bawaan Windows ada). Pastikan file berbentuk GIF bukan JPEG atau PNG.

Nah, itu tadi langkahnya. Jangan lupa praktikkan langsung agar kalian tidak lupa. Untuk memasukkan ke web, kalian hanya perlu insert/upload image seperti biasa. Selamat mencoba 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.