Layer Parenting di Animate CC: Kenalan

posted in: Tutorial | 0

Bagi kalian yang masih menggunakan Adobe Flash tentunya akan asing dengan istilah layer parenting di Adobe Animate CC kali ini.

Jika menggunakan Flash, layer parenting bisa diibaratkan pemberian tulang dengan bone tool. Eh tapi emang beda sih ya yang jelas, gak bisa disamakan begitu dia tuuu hahaha.

Oiya, mungkin bagi kalian masih ada yang bertanya apa itu Adobe Animate dan apa kaitannya dengan Adobe Flash? Iyes, Adobe Animate yang sekarang sudah masuk ke versi CC 2019 adalah evolusi dari Adobe Flash.

Tak hanya berganti nama dari Flash ke Animate tapi juga adanya penambahan banyak sekali fitur baru yang akan mempermudah kalian dalam membuat animasi.

Layer Parenting

Okey… sesuai dengan istilahnya, layer parenting digunakan untuk meng-ada-kan “orang tua” (parent) dari layer-layer yang ada. Dalam praktik penggunaannya, layer parenting akan kita pakai untuk membuat gerakan karakter.

Bagian tumpuan tubuh akan menjadi “layer orang tua”, sedangkan bagian bawahnya akan menjadi “layer anak”.

Dalam hirarki berkeluarga, anak akan ikut orang tua kan? Yup, seperti itu juga konsep layer parenting. Layer anak akan mengikuti gerakan layer orang tua yang menjadi tumpuannya.

Bingung? Okelah langsung kita praktikkan saja ya.

  1. Buka Adobe Animate CC 2019. Jika belum punya, download saja ya. Sudah beredar banyak untuk versi “pertani”-nya (versi bajakan).
  2. Jika sudah terbuka, tampilan Animate CC akan muncul seperti berikut.
    tampilan awal Animate CC 2019
    Tampilan awal Animate CC 2019

    Di sini kita akan menggunakan demo file bawaan dari Animate CC untuk belajar layer parenting. Kenapa saya menggunakan demo file? Biar lebih cepet. Daripada gambar dari awal malah kelamaan 😀
    Dari tampilan tersebut, klik Sample File (berada di bawah). Kemudian klik dua kali Walkcycle. Jika kalian sorot, akan ada gerak animasi berjalan.

  3. Setelah terbuka, kalian akan menemukan tampilan seperti berikut.
    Tampilan walkcycle
    Tampilan Walkcycle

    Nah, ini di mana layer parenting-nya? Untuk mengetahuinya, kalian harus sudah familiar dengan Symbol termasuk MovieClip. Jika belum, klik link berikut yang sudah saya tuliskan tentang macam-macam Symbol.

  4. Klik dua kali objek orang tersebut. Kalian akan melihat struktur frame di timeline bagian-bagian tubuh yang ada. La ini mana layer parenting-nya? Sabar…sebentar lagi muncul kok 😀
  5. Pada bagian timeline, klik Show Parenting Layer.
    Tombol show parenting layer
    Tombol show parenting layer
  6. Setelah itu, akan muncul tampilan alur berkelok-kelok di setiap layer. Nah, itulah yang dinamakan layer parenting.

Sekarang kalian sudah tahu tentang layer parenting kan? Nah, dalam artikel selanjutnya kita akan membahas bagaimana layer parenting dibuat dan bagaimana cara kerjanya dalam objek orang tersebut. See ya 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.