Latihan Soal dengan ActionScript 3.0 – Part 1

posted in: Tutorial | 0

Kali ini kita akan belajar untuk membuat latihan soal atau evaluasi dengan ActionScript 3.0. Kalian bisa menggunakan Adobe Flash ataupun Adobe Animate CC, asal yang penting tipe dokumennya dengan ActionScript 3.0 ya.

ActionScript 3.0 juga bisa digunakan untuk membuat sound controller yang dapat kalian masukkan ke aplikasi multimedia interaktif.

Oiya, di sini soal berbentuk pilihan ganda dulu ya yang cukup mudah untuk dipelajari. Tampilannya nanti kira-kira tiap soal seperti ini.

membuat latihan soal dengan ActionScript 3.0

Okey, dalam tutorial ini saya praktik dengan menggunakan Adobe Animate CC. Jika kalian menggunakan Adobe Flash, silahkan menyesuaikan yes.

  1. Buka Adobe Animate CC 2019.
  2. Pilih dokumen dengan tipe ActionScript 3.0
    pemilihan dokumen AS 3.0
  3. Setelah dokumen baru terbuka, buatlah sebuah desain objek yang akan dijadikan tombol menu. Dalam hal ini, saya menggunakan Rectangle Tool dan Text Tool untuk keterangannya. Hasilnya seperti salah satu menu berikut.
    tombol menu evaluasi
  4. Agar bisa diklik, kita jadikan menu tersebut menjadi Button. Lakukan blok/seleksi objek tombol evaluasi tersebut, kemudian klik kanan > Convert to Symbol > berikan nama > dan pastikan pilih type-nya Button. Akhiri dengan klik OK.
    menjadikan button untuk Latihan Soal dengan ActionScript
  5. Dalam pembuatan sebuah button, kita akan menemukan empat posisi di timeline yakni UP, OVER, DOWN, HIT. Untuk memunculkan posisi tersebut, lakukan dengan klik dua kali pada tombol evaluasi sehingga akan masuk ke bagian symbol pengeditan button seperti berikut.
    posisi button
  6. Dalam dokumen ActionScript 3.0, agar sebuah objek dapat dipanggil dan diberikan interaktifitas (termasuk bisa diklik dan jumping ke halaman tertentu), objek tersebut harus diberikan nama berupa instance name pada button atau tombol evaluasi yang telah dibuat. Caranya dengan mengklik tombol evaluasi > lihat panel Properties > Isi Instansi name dengan nama tombol_evaluasi
    pemberian instance name
  7. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membuat halaman baru untuk isi evaluasi. Penempatan halaman isi evaluasi ini bisa diletakkan di keyframe baru atau di scene baru. Nah kali ini kita akan menggunakan keyframe baru saja dulu yes. Masukkan keyframe baru dengan klik kanan di frame ke-2 > pilih Insert Keyframe.
    halaman isi evaluasi
  8. Kemudian buat layer baru dan saya biasanya menyingkat dengan nama AS untuk kepanjangan ActionScript.
    layer baru AS
  9. Belum mulai jenuh kan ya? Hehe…kalau belum, kita lanjut nih. Kalau udah jenuh, break dulu lah santai. Bisa sambil ngopi, ngeteh, atau ngejus. Jika sedang puasa, pastikan nunggu berbuka loh ya 😀
  10. Selanjutnya kita akan membuat jumping tombol evaluasi. Hasilnya nanti ketika tombol evaluasi diklik, akan bisa menuju ke halaman isinya yakni di frame kedua. Lakukan klik kanan pada frame 1 layer AS > pilih Actions.
    klik kanan layer AS
  11. Setelah panel Actions muncul, masukkan kode berikut. Ingat, kalau mau mengetik manual jangan sampai salah penulisan kodenya. Dalam programming, besar kecil huruf hingga spasi dan titik koma sangat diperhatikan loh ya.
    Pembahasan dari script tersebut adalah:
    tombol_evaluasi : instance name dari button evaluasi yang telah kita tulis di bagian panel Properties tadi.
    klik_evaluasi : function baru untuk memberikan perintah pada tombol_evaluasi. Penjelasan function ini ada pada baris bawahnya yang ada gotoAndStop(2).
    gotoAndStop(2) :setelah tombol_evaluasi diklik, maka akan menuju dan berhenti di frame 2 yang nanti akan kita isi dengan soal-soal evaluasi.

Nah, untuk bagian pertama ini sampai di sini dulu ya gaes untuk Latihan Soal dengan ActionScript 3.0. Pertimbangannya biar kalian juga gak mumet lebih cepet hehe. Mumet perlahan saja yang penting dapet ilmunya.

Okeh, sekian dan selamat menunggu buka puasa 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.