» » Langkah WhatsApp Video Call Mudah Banget

Langkah WhatsApp Video Call Mudah Banget

posted in: Tutorial | 0

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui mengapa WhatsApp lebih ditunggu-tunggu dalam mengeluarkan fitur video call-nya walaupun sudah banyak beredar aplikasi video call yang lain. Nah, sekarang akan kita bahas tentang langkah WhatsApp video call yang mudah banget untuk kita lakukan.
WhatsApp video call is out

Langkah WhatsApp Video Call

Hampir sama halnya jika kalian melakukan call suara via WhatsApp, hanya saja akan ada tambahan tombol video call. Simak langsung langkangnya berikut ini.

  1. Pastikan sudah update WhatsApp kalian ke versi terbaru. Jika belum, langsung saja update/download dari Play Store untuk Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  2. Setelah proses download selesai, buka aplikasi WhatsApp kalian. Tampilan awal akan menunjukkan tiga tab yaitu Calls, Chats, dan Contacts. Untuk melakukan panggilan baik telepon suara atau video call, masukkan ke tab Calls.
    tab calls WA
    Tab Calls WhatsApp
  3. Selanjutnya, klik tanda Call di sebelah kanan atas yang bergambar seperti telepon.
    klik tanda Call
  4. Pada tampilan selanjutnya, kalian akan dihadapkan pada nama-nama orang yang menggunakan WhatsApp dari list kontak kalian. Tentunya, untuk melakukan panggilan kalian harus memilih lawan telepon kalian. Kalau gak ada yang ditelepon, mau video call ama siapa coba? Haha.
    pilih nama teman untuk obrolan
    Pilih teman untuk video call
  5. Perhatikan dua tanda pada bagian call di atas yakni yang berbentuk ikon gagang telepon dan satu lagi berbentuk seperti merekam video. Nah, tanda untuk video call adalah bagian yang berbentuk ikon seperti rekaman video itu ya.
    Tombol untuk video call pada WhatsApp
    Tombol untuk video call pada WhatsApp
  6. O, iya…WhatsApp juga menyediakan fasilitas pencarian untuk mencari nama-nama orang dalam kontak kalian. Jika jumlah teman kalian yang menggunakan WhatsApp sudah bejibun alias saking banyaknya, langsung saja gunakan fasilitas ini agar lebih cepat.
    pencarian di whatsapp
    Pencarian di WhatsApp
  7. Setelah nama yang kalian akan aja video call ketemu, langsung aja klik tombol video call-nya.
  8. Barangkali akan ada pertanyaan, “Loh, kok saya menemukan tampilan seperti ini? Gimana nih?”
    tidak bisa video call
    Tanda tidak bisa video call

    Jangan khawatir dulu, coba baca tulisan yang terpampang di dalamnya. Di sana tertulis “Couldn’t place call. Sulaiman needs to update WhatsApp to receive video calls”. Itu artinya teman kalian yang bernama Sulaiman belum meng-update WhatsApp-nya ke versi terbaru sehingga ia tidak bisa menerima video call.
    Perlu diperhatikan bahwa video call dengan WhatsApp baru bisa dilakukan jika orang yang menerima maupun orang yang menelpon sudah meng-update WhatsApp mereka ke versi baru.

  9. Jika teman kalian sudah memilik WhatsApp terbaru, ia akan bisa dihubungi dan beginilah tampilan yang muncul pada layar kalian.
    menunggu video call diterima
    Tampilan saat menunggu video call diterima
  10. Jika teman kalian menjawab video call, gambar wajah teman kalian akan muncul di sebelah kanan.

Done, enjoy your video calls by WhatsApp. Mudah kan? Jangan ketagihan kalau kalian masih memikirkan kuota internet 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.