» » Konfirmasi Penerimaan Barang di Bukalapak

Konfirmasi Penerimaan Barang di Bukalapak

posted in: Tutorial | 0

Dalam belanja di Bukalapak, kalian akan mendapatkan notifikasi tentang progress pengiriman paket barang kalian. Notifikasi tersebut biasanya masuk di inbox email. Jika kalian tak mendapatkan di email, masuklah ke akun Bukalapak kalian dan cek histori pengiriman. Nah, apa yang harus kita lakukan setelah barang sampai? Lakukanlah konfirmasi penerimaan barang di akun Bukalapak kalian.

email progress pengiriman barang

 

Konfirmasi Penerimaan Barang

Setelah barang sampai, sebagai pembeli yang baik yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah memberikan konfirmasi penerimaan barang di status transaksi kalian. Mengapa harus konfirmasi? Kan tidak wajib? Emm…sekilas saya teringat quote ini 🙂

Barangsiapa mempermudah urusan orang lain, urusan kalian juga akan lebih mudah

Walaupun pada dasarnya melakukan konfirmasi penerimaan tidak wajib, jika melihat quote di atas (mungkin) akan menggugah semangat kalian untuk memberikan konfirmasi penerimaan barang. Konfirmasi penerimaan barang akan mempermudah penjual memperoleh dana hasil usahanya agar cepat masuk ke buka dompet mereka di Bukalapak.

Jika tidak dilakukan konfirmasi, maka secara otomatis setelah 1×24 jam status tracking barang sudah dinyatakan diterima di sistem Bukalapak, secara otomatis dana mesin/sistem komputer akan meneruskan dana ke penjual. Nah, kekurangan jika konfirmasi otomatis adalah kalian tidak bisa komplain lagi setelah dinyatakan konfirmasi otomatis.

Pemberian konfirmasi barang juga akan mempertemukan kalian dengan form feedback terhadap barang dan penjual baik dari segi keramahan penjual, respon yang cepat, dan sebagainya. So, bagaimana cara memberikan konfirmasi penerimaan barang di Bukalapak? Cekidot dan baca sampai bawah yes 😀

  1. Login ke akun Bukalapak kalian untuk melihat transaksi barang.
  2. Jika masih ada transaksi yang belum dikonfirmasi baik konfirmasi pembayaran ataupun konfirmasi penerimaan, maka kalian akan melihat tanda angka berwarna kuning di atas menu transaksi seperti berikut.
    status transaksi
  3. Klik Terima Barang dan kalian akan dialihkan ke halaman yang menunjukkan detail transaksi kalian sekaligus tombol Konfirmasi Terima Barang di bawahnya.
    detail transaksi dan tombol konfirmasi
  4. Klik Konfirmasi Terima Barang dan kalian akan dipertemukan dengan form pemberian feedback. Jika kalian ingin komplain, klik saja menu Sudah Terima Barang tapi Ingin Komplain.
  5. Kalian bisa memberikan feedback Puas, Tidak Puas, dan alasan kenapa kalian memberikan feedback tersebut.
    pemberian feedback BukalapakJangan lupa berikan centang pada Saya setuju dengan melakukan Konfirmasi Terima Barang…
  6. Setelah itu, kalian juga bisa memberikan ulasan barang yang kalian terima dengan klik Ulas.
    klik ulas barang
  7. Berikan rating dengan bintang pada barang. Pemberian bintang akan memunculkan tampilan feedback yang berbeda sebagai berikut.
    • Jika kalian memberikan satu bintang, akan keluar form yang bertuliskan Yang saya tidak sukai…
      rating bintang satu
    • Jika rating antara 2-4 bintang, akan keluar form dengan dua tulisan seperti berikut.
      rating dua sampai empat bintang
    • Jika rating 5 bintang, maka akan muncul form yang menandakan kalian sangat menyukai barang yang kalian beli.
      rating bintang lima

Biasanya kebanyakan orang memberikan rating empat bintang. Ya standar lah 3 atau 4 bintang. Jarang banget yang 5 bintang. Usahakan berikan bintang yang cukup kepada penjual dan berikan feedback positif ya. Hal tersebut selain akan membantu penjual juga akan menjadi saran bagi pembeli untuk memilih penjual yang recommended.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from