Keuntungan Shield dalam Clash of Clans

posted in: Ceritaku | 0

Akan sangat menyebalkan apabila desa (village) yang telah susah payah kita bangun tiba-tiba mendapat serangan apalagi saat “harta karun” yang sudah kita kumpulkan terlanjur banyak. Semakin ahli seorang attacker yang menyerang desa kita, akan semakin banyak pula loot harta kita yang turut hilang saat serangan itu terjadi. Namun, kena serangan tak hanya menimbulkan sisi tidak enak atau merugi. Di sisi lain, kita sebagai desa yang diserang akan mendapat shield secara gratis setelah serangan musuh berakhir. Lamanya shield tentunya berbanding lurus dengan persentase kehancuran yang kita terima. Nah, berikut ini kita akan membahas keuntungan shield dalam Clash of Clans.

macam shield coc Gambar di atas menunjukkan jenis-jenis shield yang bisa kalian beli dengan gems dan harus dengan gems ya haha. Untuk shield memang tidak bisa dibeli dengan gold atau yang lain dan hanya gems. Di Clash of Clans, ada tiga jenis shield yang bisa kalian pilih yang memiliki lama waktu yang berbeda.

Keuntungan Shield

Jika kalian terkena serangan dengan persentase kehancuran sekitar 40%, maka kalian akan mendapatkan shield gratis selama 12 jam. Beda halnya jika kalian terkena serangan dengan persentase kehancuran 90% ke atas atau bahkan rata, maka kalian akan menerima shield gratis selama 16 jam. Lalu, apa sih untungnya punya shield? Berikut ini yang bisa kalian rasakan saat memiliki shield.

  1. Hati terasa aman dan tenang
    Ini alasan yang terkesan lebay tapi ya memang begitu adanya wahaha. Yup…saat base atau desa kita memiliki shield, kita tidak akan khawatir akan adanya serangan karena itu tidak mungkin terjadi. Selama ada shield, tidak ada yang bisa menyerang atau me-revenge base kita. Jika kalian sedang memiliki banyak harta dan banyak defense yang sedang dalam proses upgrading, memiliki shield akan membuat kalian nyaman.
  2. Ada waktu istirahat atau mengerjakan aktivitas lain
    Bagi gamer yang mungkin memiliki aktivitas lain, shield akan menguntungkan karena kita tidak perlu memikirkan serangan terhadap base kita sehingga kita bisa fokus menjalankan aktivitas. Selain itu, jika kalian terlalu addict, shield akan mengajak kalian untuk meluangkan waktu dan beristirahat dalam memainkan Clash of Clans. Jika kalian terus menyerang saat shield aktif, maka lama waktu shield kalian akan semakin berkurang dan akhirnya habis.
  3. Memaksimalkan waktu upgrade defense
    Ketika proses upgrade defense sedang berlangsung pastinya akan memakan jatah waktu apalagi jika sudah TH tinggi. Dengan adanya shield, proses upgrade defense akan termakan juga oleh waktu shield karena shield dan proses upgrade akan berjalan bersamaan. Jadi, kalian lebih hemat waktu dan mendapatkan ketengangan lahir batin saat defense kalian sedang upgrade.

Itulah tadi tiga keuntungan jika kalian memiliki shield walaupun di satu sisi ada kerugian jika shield itu didapatkan dari hasil serangan musuh. Nah, barangkali ada keuntungan lain yang pernah kalian rasakan, jangan lupa tulis di komentar ya agar bisa dirasakan juga oleh clasher lain 😀

 

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.