» » Ketik Rumus Matematika Mudah dengan MathType

Ketik Rumus Matematika Mudah dengan MathType

posted in: Tutorial | 0

Bagi yang sedang berkutat dengan tugas akhir apalagi penelitian kuantitatif, pastinya akan ada beberapa rumus yang harus diketikkan. Walaupun perhitungan dengan SPSS, tetapi sedikit banyak akan tetap menggunakan equation dalam penulisan rumus terutama bagi yang menggunakan Ms. Word. Tak kalah pentingnya juga bagi para pecinta matematika, fisika, maupun kimia dan ilmu hitung-menghitung lainnya, equation akan selalu terpakai dalam penulisan konten digital dengan komputer. Mulailah ketik rumus matematika mudah dengan menggunakan MathType.

Pada dasarnya, Ms. Word telah menyediakan penulisan untuk symbol dan equation. Akan tetapi, dalam penulisan rumus yang sudah cukup kompleks tentunya akan membutuhkan ketelitian jika hanya mengetik dengan bawaan Ms. Word saja. Jika kalian sudah menginstal MathType, akan muncul tab tambahan pada ribbon Ms. Word kalian seperti gambar berikut.

MathType RibbonSelain dapat tersinkronisasi dengan ribbon pada Ms. Word, MathType juga mendukung untuk penulisan rumus di semua Ms. Office, Apple iWork ’09, Adobe InDesign, iBooks Author, WordPress, Maple, GMail, Blackboard, Evernote, dan Moodle. Dokumentasi lengkapnya dapat kalian lihat pada link berikut http://www.dessci.com/en/products/mathtype/

Tidak hanya mendukung sebagai plugin dalam Office, MathType juga merupakan aplikasi yang juga dapat berdiri sendiri atau standalone application. Berikut ini tampilan MathType pada komputer yang saya gunakan.

MathType

Dari gambar di atas, banyak sekali bukan jenis symbol dan equation yang dapat kalian gunakan? Jangan terkejut jika di dalamnya masih terdapat sub-sub konten yang memiliki banyak symbol dan equation tambahan.

Pada artikel ini, saya akan sedikit memberikan tutorial tentang penggunaan MathType dalam Ms. Word. Let’s check this out !

MathType dalam Ms. Word

Langkah penggunaan MathType dalam Ms. Word adalah sebagai berikut.

  1. Jika kalian telah memiliki MathType, kalian dapat menggunakannya pada ribbon di Ms. Word. Namun, jika belum silahkan kalian download dan instal versi trialnya dari link berikut http://www.dessci.com/en/products/mathtype/trial.asp?src=mtlogo
    Pada versi trial, kalian akan diberikan waktu 30 hari untuk mencoba aplikasi ini. Lumayan kan untuk membantu pekerjaan menuliskan rumus hehe. Kalian hanya perlu memasukkan email dan memilih versi MathType sesuai OS komputer kalian. Berikut tampilannya pada halaman download MathType:
    MathType 30-Day Trial
  2. Lakukan instalasi sesuai langkahnya (biasanya sih cuma klik next and next terus gitu).
  3. Setelah instalasi selesai, silahkan buka Ms. Word kalian dan lihat tab baru yang bertuliskan MathType. Sekarang mari kita coba menuliskan rumus O, iya…penggunaan MathType di Ms. Word juga masih tersinkronisasi dengan MathType standalone-nya. Jadi, jika kalian menuliskan rumus, kalian nantinya akan dibawa ke tampilan MathType versi standalone. Sekarang cobalah dengan mengklik tombol Inline pada tab MathType di Ms. Word
    Inline
  4. Setelah itu, kalian akan diantarkan pada jendela MathType dan di situlah kalian dapat mengetikkan rumus kalian. Di sini saya mencoba menuliskan rumus Einstein ya hehe. Maklum, bukan orang matematika yang hafal banyak rumus *peace*Typing
    Silahkan kalian tuliskan rumus kalian sendiri apalagi rumus yang lebih rumit.
  5. Selanjutnya tutup jendela MathType dan jangan untuk memilih Yes untuk menyimpan rumus kalian dalam Ms. Word.
    Save
  6. Jika sudah tersimpan, rumus kalian akan berubah seolah-olah menjadi gambar dalam Ms. Word. Namun, rumus tersebut dapat kalian edit kembali dengan melakukan double click (klik dua kali) sehingga jendela MathType untuk pengeditan akan muncul kembali. Jika kalian melakukan pengeditan, maka rumus kalian akan bertanda seperti gambar berikut (perhatikan panah merah).
    Edit
  7. Karena bentuknya yang mirip dengan objek gambar, rumus MathType yang sudah kalian ketik juga dapat kalian perbesar atau perkecil sesuai keinginan dengan melakukan drag and drop pada ujung-ujung atau node yang ada. Perhatikan animasi berikut.
    Perbesar

Nah, itu tadi langkah mudah mengetikkan rumus dengan menggunakan MathType. Aplikasi ini juga membantu saya dalam mengetikkan rumus-rumus tugas akhir alias skripsi yang berkaitan dengan penelitian kuantitatif. Selamat berumus ria ya 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from