» » InstaPic: Aplikasi Ber-Instagram di PC

InstaPic: Aplikasi Ber-Instagram di PC

posted in: Ceritaku | 0

Bersosialita sudah menjadi kebutuhan di mana manusia terlahir sebagai makhluk sosial. Di zaman yang serba high technology, kehidupan sosial menjadi lebih mudah terhubung dengan berbagai aplikasi sosial media yang tersedia mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya. Pada artikel ini kita akan membahas tentang Instagram dan InstaPic. Lho, kok loncat ke InstaPic? Apa kaitannya?

instapic
Instagram

Bagi para pengguna Instagram, pernahkah kalian mencoba untuk login akun melalui PC/koomputer? Jika kalian membuka web resminya di https://www.instagram.com/, tentu kalian bisa membuka akun kalian layaknya ber-instagram ria di smartphone. Namun, ada satu hal penting yang tidak bisa kalian nikmati saat ber-instagram dengan komputer/PC. Coba tebak?

halaman resmi instagram
Halaman resmi instagram.com

Yup…instagram dalam web resminya yang bisa kalian buka tidak mengizinkan kalian untuk update status termasuk foto maupun video. Kalian hanya bisa browsing alias melihat-lihat “apa yang baru” dari status teman-teman kalian. Uniknya tuh di situ haha.

Tidak hanya Instagram saja yang berlaku demikian. Beberapa aplikasi sosmed lain juga memberi perlakukan yang sama untuk batasan login via komputer/PC. Saya pun baru menyadari hal ini beberapa minggu yang lalu saat Android kehabisan baterai dan ingin membuka instagram. Saya pun mulai heran saat tidak kunjung menemukan tombol upload gambar di situs resmi Instagram tersebut. Coba kalian cari deh apa yang mengesankan dengan tampilan web Instagram saat login seperti di bawah ini. Sekilas saja layaknya pandangan orang awam lah 😀

tampilan web instagram yang simpel
Tampilan web instagram yang simpel

Dari tampilan di atas, kita (mungkin) sepakat yakni simpel banget. Hitam putih ada di mana-mana. Beda sekali dengan tampilan web Facebook dan Twitter. Nah, sekarang berpindahlah ke bagian navigasi. Bisakah kalian menemukan menu upload foto/video? Haha…oke kita sepakat lagi dengan jawaban “tidak ada”. Lalu, gimana dong cara untuk update status foto/video kalau ingin tetap (maksa) ber-instagram di komputer/PC?

InstaPic

Pertanyaan kalian di atas akan terjawab dengan satu kata yakni InstaPic. Aplikasi ini merupakan aplikasi Microsoft yang memang bertujuan untuk menjawab kegalauan user akan keterbatasan fitur Instagram di PC. InstaPic hadir untuk Mac dan Windows. Belum ada versi resmi InstaPic untuk pengguna Linux sehingga kalian harus mencari alternatifnya. Tanya aja ama buyut Google, nanti juga ketemu 😀

Jika kalian adalah pengguna Windows 8 ke atas, kalian bisa mengunduh InstaPic dari Windows Store yang bergambar seperti berikut.

InstaPic dari Windows Store
InstaPic dari Windows Store

Langsung saja download dan buka aplikasinya jika proses download sudah selesai. Lakukan login layaknya kalian login akun Instagram kalian.

tampilan InstaPic
Tampilan InstaPic

O, iya…kalian akan disuguhi beberapa iklan yang muncul di akun instagram kalian jika kalian adalah pengguna gratisan. untuk menghilangkan iklan, Windows Store tadi menyediakan pembelian untuk remove ads seharga $2,99. Tak apa, santai saja. Abaikan iklannya saja.

InstaPic menyediakan menu yang komplit layaknya Instagram untuk smartphone kalian. So, kalian bisa update status, unggah gambar, foto, dan video dari komputer/PC kalian. Tombol-tombolnya juga sudah didesain mirip tombol Instagram loh. Enak kan? Jika ada pertanyaan kalian bisa komen ya di bawah ini 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.