» » Harry Kane Membela Wasit, Tottenham Vs Chelsea 1-0

Harry Kane Membela Wasit, Tottenham Vs Chelsea 1-0

posted in: Sport | 0

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, membela wasit Michael Oliver yang dituding membuat keputusan salah saat memberikan timnya tendangan penalti. Kane menyatakan bahwa keputusan tersebut benar karena penjaga gawang Kepa Arizabalaga melakukan pelanggaran kepadanya di kotak penalti.

Harry Kane

Kane mengaku tak tahu apakah dirinya dalam kondisi off-side atau tidak saat berlari mengejar bola umpan terobosan dari rekannya, Toby Alderweireld. Dia menyatakan terus berlari karena tak mendengar Oliver meniupkan peluitnya.

“Saya bermain berdasarkan peluit. Saya terus berlari dan jelas itu adalah penalti. Apakah saya off-side atau tidak, saya tak yakin,” ujarnya dalam wawancara dengan laman Sky Sports usai laga semifinal pertama Carabao Cup tersebut.

Sebelumnya keputusan Oliver mendapatkan kritik dari kubu Chelsea. Manajer Maurizio Sarri menyatakan bahwa berdasarkan rekaman video yang dimiliki timnya Kane jelas berada dalam posisi off-side. Karena itu, dia menilai Oliver seharusnya tak memberikan hadiah tendangan penalti kepada Tottenham.

Kane mengatakan bahwa perdebatan soal apakah dirinya dalam posisi off-side atau tidak bisa selesai dengan melihat VAR atau rekaman bantuan untuk wasit. Dia mengaku sudah terbiasa dengan sistem baru tersebut karena pernah merasakannya pada Piala Dunia 2018 lalu bersama Timnas Inggris.

“VAR dibuat untuk alasan yang baik dan saya yakin mereka (wasit) menggunakannya dengan benar. saya harus melihat rekamannya lagi,” ujar Kane.

“Saya sudah terbiasa menggunakannya setelah Piala Dunia. Ini adalah bagian besar dari sepak bola untuk maju. Dari pandangan kami, hal itu tak banyak mengubah (pertandingan sepak bola).”

Kemenangan 1-0 itu membuat langkah Tottenham sedikit lebih ringan pada pertemuan kedua akhir bulan mendatang. Mereka harus menyambangi markas Chelsea, Stadion Stamford Bridge dengan target minimal imbang untuk lolos ke babak final Carabao Cup.

Manajer Chelsea Kecam Gol Harry Kane

Manajer Chelsea

Manajer Chelsea, Mauricio Sarri, mengecam gol kontroversial VAR yang diceploskan Harry Kane melalui titik dua belas pas dalam laga Carabao Cup di Wembley, Selasa malam, 8 Januari 2019, waktu setempat. Kemenangan 1-0 menjadi modal Tottenham Hotspurs untuk laga tandang di kandang Chelsea dua pekan mendatang.

Tendangan penalti pada babak pertama tersebut diberikan oleh wasit akibat pelanggaran dilakukan oleh kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, terhadap Harry Kane. Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Kane sehingga Spurs unggul 1-0 atas Chelsea.

Menurut wasit yang memimpin pertandingan, Michael Oliver, keputusan memberikan tendangan penalti tersebut berdasarkan pada VAR, video assistant referee. Alat bantu ini sengaja digunakan dalam Carabao Cup untuk membantu wasit mengambil keputusan penting.

Kecaman Sarri juga berdasarkan rekaman pertandingan yang menunjukkan Kane berada di posisi offside, sementara saat rekaman TV diputar ulang, ada angle lain memperlihatkan Kane tidak dalam posisi offside sebelum dia tabrakan dengan kiper Chelsea, Kepa, di kotal penalti.

Keputusan wasit Oliver tidak hanya diprotes oleh Sarri, melainkan juga oleh para pemain Chelsea. Mereka menolak keputusan tersebut setelah menyaksikan rekaman VAR.

“Beberapa menit lalu, saya menyaksikan video dari kamera kami. Pemain Spurs berada di posisi offside. Kamera kami berada segaris dengan posisi Harry Kane,” kata Sarri di depan awak media sebagaimana dikutip Daily Mail. “Kepala dan kakinya dalam posisi offside. Saya tidak suka VAR.”

Sumber: bola.tempo.co

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.