» » Hapus Facebook Tanpa Kehilangan Teman dan Foto

Hapus Facebook Tanpa Kehilangan Teman dan Foto

posted in: Tutorial | 0

Jika kalian termasuk orang yang mulai bosan dengan Facebook dengan alasan apapun mulai dari terlalu banyak share postingan yang tidak disukai, pertemanan yang membludak dan terasa asing, phobia karena kecandungan, ataupun karena alasan pribadi karena bosan dan jenuh (bisa jadi kan? haha), kalian bisa menghapus akun sosmed populer kalian ini alias melakukan hapus Facebook kalian tanpa khawatir kehilangan kontak teman dan data foto kalian. Penasaran gimana caranya? Yuk simak langsung.

  1. Masuk ke Facebook kalian masing-masing. Jangan melihat konten yang mengundang “candu” apa pun di linimasa (timeline) kalian dan langsung masuk ke pengaturan.
  2. Klik bagian Your Facebook Information (jika menggunakan bahasa selain English, silahkan menyesuaikan).
  3. Kemudian klik download your information
  4. Nah, sekarang kalian punya banyak opsi mengenai apa yang ingin kalian unduh
    persiapan download information
  5. Saya tidak memilih semuanya dan hanya memilih Photos and Videos dan Friends. Jika kalian ingin mem-backup postingan, reaksi teman (like dan sebagainya), silahkan disesuaikan saja ya. Oh dan formatnya – sebagai programmer, saya memilih JSON.
  6. Saya kemudian klik Create File. Ini pada dasarnya menghasilkan file .zip yang yang menjadikan satu file dari semua data yang kalian minta. Diperlukan waktu sekitar satu jam hingga siap untuk diunduh (bergantung banyaknya data yang diunduh juga tentunya).
    memulai download information
  7. Dan inilah tampilan saat proses unduh berlangsung.
    proses download information
  8. Setelah download selesai, kalian bisa melakukan pemindahan lokasi penyimpanan ke folder yang kalian inginkan
  9. Lakukan ekstrak file .zip tersebut untuk file foto kalian dengan lebih mudah.
    hasil download information
  10. Jika kalian ingin mengamankan data foto, kalian bisa menggunakan fasilitas Google Photos atau sejenisnya yang akan menampung file foto kalian dalam sistem cloud sehingga tidak perlu khawatir jika memori komputer/laptop kalian penuh. Pastinya kalian juga akan lebih mudah mengakses file foto tersebut di manapun dan kapanpun selama kalian terkoneksi dengan internet.
  11. Untuk daftar teman … yah .. Semuanya dalam format JSON .. Saya lebih suka tampil dalam format JSON hehe. Seperti ini nih contoh tampilannya.
    daftar teman dalam JSON
  12. Langkah terakhir adalah menghapus akun Facebook kalian. Sekarang, klik Settings > Your Facebook Information di sebelah kiri.
  13. Klik Delete Your Account and Information, kemudian pilih Delete My Account.
  14. Jika diminta kata sandi (password), masukkan sandi kalian sesuai akun Facebook kalian. Kemudian klik Continue dan akhiri dengan klik Delete Account. Jika berhasil, maka kalian akan mendapatkan pesan tampilan seperti berikut.berhasil hapus facebook

It’s done. Selesai dan Facebook kalian sudah benar-benar terhapus sekarang. Anyway, Sebelum kalian benar-benar serius untuk menghapus akun Facebook, dipikir matang-matang dulu yes. Tapi ya gak lama kayak mikirin jodoh juga sih hehe. Sekian ya, jangan lupa tinggalkan jejak kalian 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.