» » Group Call dan Group Video Call Makin Mudah di WhatsApp

Group Call dan Group Video Call Makin Mudah di WhatsApp

posted in: News | 0

WhatsApp semakin memudahkan penggunanya untuk membuat panggilan telepon dalam grup atau group call serta group video call.

Fitur group call dan group video call sejatinya telah diluncurkan pertengahan tahun lalu, tapi penggunaannya agak sedikit merepotkan. Sebab, pengguna harus melakukan secara manual, memulai panggilan dengan salah satu pengguna, baru mendambahkan pengguna lainnya.

Kini WhatsAp telah memperbarui dengan membubuhkan ikon khusus bergambar telepon bertanda plus (+). Tombol ini bisa ditemukan di pojok kanan atas di ruang group chat (obrolan grup).

Pengguna cukup mengetuk tombol tersebut untuk memulai panggilan, kemudian pilih maksimal tiga anggota grup. Sehingga, total anggota panggilan group bisa tetap empat orang – bersama dengan inisiator panggilan grup – sebagaimana jumlah maksimal peserta dalam fitur group call yang sudah ada.

Di sisi kanan atas akan muncul pilihan ingin melakukan group video call (tombol sebelah kiri) atau group call (tombol sebelah kanan). Perlu diingat jika cara ini hanya bisa dilakukan melalui group chat dengan mengajak anggota yang terdaftar dalam group.

group call dan group video call

Untuk membuat panggilan grup diluar group chat, harus dilakukan secara manual. Inisiator telepon pertama juga hanya bisa memilih kontak dari nomor yang telah mereka simpan saja.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna bisa memperbarui aplikasi WhatsApp untuk Android ke versi 2.19.9. Sementara itu, pengguna iOS sudah bisa mencobanya sejak bulan lalu. Dalam pembaruannya, WhatsApp juga membawa perbaikan untuk bug GIF yang dilaporkan sering tidak berfungsi.

Kunci Percakapan Sidik Jari

WhatsApp juga dikabarkan tengah menguji coba fitur otentikasi sidik jari sebagai sistem keamanan chat penggunanya. Sehingga, orang lain tidak akan bisa mengintip chat tanpa seizin dari empunya akun WhatsApp.

Situs WABetaInfo yang sering membocorkan bakal fitur baru WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Fitur otentikasi sidik jari tersebut akan terpasang dalam keadaan disable (non-aktif) secara default di versi Android 2.19.3. Sebelumnya, WhatsApp sempat akan mengimplementasikan fitur Face ID dan Touch ID untuk pengguna iOS sebagai pengaman chat.

Fitur sensor pemindai sidik jari di WhatsApp(WABetaInfo) Namun fitur tersebut masih belum tersedia dengan dalih masih dikembangkan. Jika telah resmi meluncur nanti, pengguna bisa menemukan fitur otentikasi sidik jari dengan membuka “Setting” – “Akun” – “Privasi”.

fitur sidik jari WhatsApp

Sumber: tekno.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.