» » GPlayer – Video dan Music Player Seru di Android

GPlayer – Video dan Music Player Seru di Android

posted in: Tutorial | 0

Sebagai pengguna hape pintar atau smartphone, apapun bisa dilakukan dengan hanya sentuhan jari termasuk membuka video dan music player untuk seru-seruan. Namun, pernahkan kalian merasakan susahnya multitasking dalam memainkan video dan membuka aplikasi lain secara bersamaan tanpa meminimize salah satu tampilan? Ya, kebanyakan aplikasi smartphone akan meminimize salah satu lembar kerja aplikasi lain sehingga hanya satu lembar kerja yang terbuka. But, bagaimana jika kta ingin beda terutama dalam memutar video?
Nah, artikel ini akan secara khusus membahas salah satu aplikasi pemutar video yang dapat terbuka secara multitasking di sistem operasi Android kalian. Yah, untuk sementara review hanya berlaku bagi android user ya tentang aplikasi mobile berhubung ipin belum hadir 😀

Gplayer sebagai Video dan Music Player

Okey, aplikasi pemutar video yang dapat berjalan multitasking di android ini bernama GPlayer. Kalian dapat mengunduh aplikasinya secara gratis di Play Store dengan mengetikkan keyword “gplayer” (tanpa tanda kutip) atau dengan langsung mengunjungi link https://play.google.com/store/apps/details?id=gpc.myweb.hinet.net.PopupVideo

Tenang saja, aplikasinya tidak terlalu besar untuk internet Indonesia yang sekarang serba berat di kuota dan harga #duh. Sebelum kalian mencicipi rasa GPlayer, ada baiknya kalian membaca review berikut.

  1. List video
    Jika kalian sudah memiliki video di android kalian, GPlayer akan menampilkan video kalian dalam bentuk thumbnail ala tiga dimensi yang dapat kalian geser. Tampilan ini hanya akan keluar jika kalian membuka aplikasi GPlayer terlebih dahulu bukan membuka video secara langsung. Walau pada dasarnya kalian juga bisa membuka video dari Albums ataupun file explorer dan memilih GPlayer sebagai pemutarnya, tetapi tampilan thumbnail list video ala tiga dimensi tersebut tidak akan tampil. Perhatikan demo video berikut.
  2. Dapat memainkan musik dan video
    GPlayer dapat kalian gunakan untuk memainkan musik (MP3 atau sejenisnya) dan juga video. Kalian dapat memainkan salah satu bahkan bisa beberapa sekaligus seperti memainkan satu musik dan satu video, dua musik, dua video, dan seterusnya. Namun, kalian perlu mengetahui tatkala kalian memainkan musik/video tersebut secara bersamaan, maka suara musik di jendela yang aktiflah yang akan keluar di smartphone kalian. Itu artinya jika ada video dan musik diputar bersamaan, hanya satu jendela yang aktif saja yang akan keluar suara, tetapi video dapat tetap berjalan berdampingan. Untuk lebih mudah pemahaman, perhatikan video berikut.
  3. Cara Multitasking
    Untuk melakukan multitasking, kalian dapat mencoba dengan membuka dua aplikasi atau lebih ketika GPlayer terbuka. Sekarang coba perhatikan apa yang terjadi? Yup, GPlayer akan tetap menampilan video kalian di atas aplikasi lain. Wah, jadinya mengganggu tampilan aplikasi lain dong? Tentu saja tidak…kalian bisa melakukan pelebaran dan pengecilan layar GPlayer sesuai keinginan dengan menggeser GPlayer agar tidak menghalangi dokumen kerja kalian.
  4. Tetap berjalan ketika minimize
    Of course, jika kalian memainkan video musik – layaknya di acara televisi dong musik bervideo haha – kalian tetap dapat mendengarkan suara musik kalian ketika GPlayer di-minimize. Suara lagu akan tetap berjalan seperti biasanya, begitu juga videonya hanya saja berada di background. Untuk poin ketiga dan keempat, kalian dapat melihat demo video berikut.
  5. Cara menutup aplikasi
    Menutup aplikasi GPlayer juga terbilang unik. Jika GPlayer kalian ter-minimize, GPlayer akan tetap berjalan di background dan tidak akan terlihat ketika kalian menekan tombol multitask view. Untuk menutupnya, kalian harus membuka kembali GPlayer dengan menekan tombol yang ada di push notification. Setelah GPlayer terbuka kembali, barulah kalian klik tombol exit (yang bertanda silang) jika kalian ingin menghentikan GPlayer.
  6. Pro Version
    Hmm…pastinya untuk segala hal yan berbayar ada kelebihan tersendiri. GPlayer yang kita gunakan kali ini adalah versi free saja ya. Saya kira kalau cuma untuk mendengarkan video bermusik, versi free cukup lah ya. Namun, jika kalian menghendaki fitur yang lebih maksimal, kalian bisa membeli versi Professional Edition yang tersedia di Play Store.

Bagi saya pribadi yang suka santai tatkala selo, GPlayer adalah aplikasi pemutar video yang sudah cukup lama saya cari. Akhirnya pencarian itu berakhir ketika bertemu dengan GPlayer haha. Dengan GPlayer saya tetap bisa menonton video musik favorit saya tanpa mengabaikan to do list yang harus saya lakukan. So, bagaimana menurut kalian tentang GPlayer? Kalian bisa memberikan komentar di bawah artikel ini tentang GPlayer agar dibaca oleh pengunjung yang lain. Selamat bermultitasking 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Muhammad Faizin
Latest posts from