Google Assistant Tak Terpakai? Matikan Aja

posted in: Tutorial | 0

Kadang Google Assistant tak terpakai dan cukup mengganggu. Jika dirasa demikian, menonaktifkan Google Assistant pun akan sangat perlu. Teknologi asisten digital Google Assistant yang tertanam di ponsel-ponsel Android memang bisa membantu melakukan berbagai hal.

Namun, mungkin ada kalanya ia justru menyebalkan karena nongol tanpa sengaja dipanggil, misalnya ketika tombol home atau tombol khusus Google Assistant tertekan jari pengguna.

Adakah cara untuk mematikan Google Assistant supaya tak sebentar-sebentar muncul? Tentu saja ada. Simak langkah-langkahnya berikut ini

  1. Langkah pertama, panggil Google Assistant dengan menekan tombol navigasi “home” di bawah layar ponsel atau tombol pintasan khusus Google Assistant bagi ponsel yang memilikinya.
  2. Setelah itu, pilih ikon menyerupai “inbox” yang berada di pojok kiri bawah tampilan Google Assistant.
    ikon inbox google assistant
  3. Kemudian, klik avatar pengguna pada pojok kanan atas dan pilih menu “Settings”.
  4. Di tampilan “Settings”, pilih tab “Assistant” dan scroll ke bawah hingga pengguna melihat menu “Phone” yang berada di bawah sub-judul “Assistant Devices”. Klik menu tersebut.
  5. Beberapa saat setelah pengguna meng-klik menu “Phone”, pengguna akan disodori serangkaian pengaturan Google Assistant. Di sini, pengguna cukup matikan toggle pengaturan Google Assistant yang terletak di urutan paling awal.

    matikan toggle pengaturan google assistant

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, fitur Google Assistant pun tak akan muncul ketika pengguna menekan tombol navigasi “home” atau tombol dedicated Google Assistant, baik disengaja maupun tak disengaja.

Namun, perlu dicatat, ketika pengguna memanggil Google Assistant beberapa kali pada saat fitur ini dimatikan, Google akan memberikan pemberitahuan melalui prompt bahwa fitur tersebut sedang non-aktif.

Jendela prompt tersebut bisa dilihat di gambar yang paling kanan di atas.

Di jendela itu, pengguna bisa menemukan tombol “Turn On”. Abaikan jendela ini untuk tetap membuat fitur asisten digital Google non-aktif atau klik tombol tersebut untuk menghidupkan kembali fitur Google Assistant.

Nah, sekarang semua keputusan kembali ke kalian selaku pengguna dari ponsel pintar masing-masing ya. Kalau saya pribadi, jarang sekali atau bisa dibilang hampir tidak pernah menggunakan Google Assistant. Bagaimana dengan kalian? Tulis di kolom komentar ya 😀

Sumber: tekno.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.