Game Strategi Online Terbaik: Clash of Clans

posted in: Ceritaku | 0

Clash of Clans dirilis oleh Supercell untuk iOS dan Android pada tahun 2011. Sampai sekarang, Clash of Clans masih menjadi game strategi online yang paling awesome alias menakjubkan dalam dunia smartphone, tablet, bahkan PC sekalipun dengan emulator yang tersedia. Yang harus kalian lakukan dalam memainkan game ini hanyalah membangun desa secara online dan mempertahankannya dari agresi serangan musuh. Untuk memperbesar bangunan desa, tentunya kalian harus menyerang desa lain untuk merebut gold, elixir, dan dark elixir. Yah, namanya juga “clash”. Kerusakan dan jatuh korban di game ini tidak akan berpengaruh pada tempat tinggal kalian ya 😀

game strategi online terbaik

Game Strategi

Clash of Clans merupakan salah satu game strategi online untuk smartphone. Hal ini semakin jelas ketika kalian mengunduh game ini dari store seperti Play Store (karena saya pengguna Android) dan akan terlihat tampilan seperti berikut.

clash of clans sebagai game strategi di play store

Sebagai game strategi, tentunya dalam bermain Clash of Clans juga harus mengasah otak. Kalian akan disediakan Town Hall yang merupakan inti desa kalian, gold mine sebagai sumber emas (gold), elixir collector sebagai penghasil elixir, barrack untuk melatih pasukan (troops), camp army untuk tempat pasukan berkumpul dan banyak bangunan lainnya. Untuk membangun itu semua, kalian harus membelinya dengan menukar gold atau elixir yang kalian miliki.

Walaupun dapat dimainkan secara gratis, tetapi Clash of Clans juga menyediakan pembelian item untuk mempercepat pertumbuhan bangunan kalian termasuk dengan mengorbankan gems. Namun, itu semua ada kekurangan dan kelebihannya. Kalian bisa membaca artikel sebelumnya tentang hal tersebut. Pembelian item baru yang akan dibangun tersedia di menu Shop termasuk untuk item berbayar.

shop di clash of clans

Ketika kalian memperluas desa yang itu berarti menaikkan level Town Hall, maka kalian akan mendapatkan unit bangunan baru yang bisa kalian beli dengan menukar gold atau elixir kalian. Semakin tinggi level Town Hall, semakin banyak pula bangunan yang harus kalian tata. Kalian bisa membaca sedikit tips menata base untuk desa kalian. Jika ada unit yang belum bisa kalian beli, itu artinya Town Hall kalian belum mencapai level untuk mendirikan unit tersebut.

Selain itu, dalam Clash of Clans juga mendukung kerjasama yang disebut dengan clan yang bisa kalian dirikan bersama teman-teman kalian. Ketika sebuah clan sudah mencapai minimal 10 member, kalian dapat melakukan war dengan clan lain. Pertarungan antarclan (clan war) akan memberikan kalian bonus gold, elixir, dan dark elixir yang lebih banyak dan itu bisa kalian pergunakan untuk upgrade unit. But, itu hanya untuk yang memenangkan war. Clan war membutuhkan kerjasama yang baik dari semua member yang ikut bertarung.

pertarungan antarclan

Ketika menyerang desa lain untuk merebut harta karunnya (gold, elixir, dan dark elixir), kalian juga harus mengingat dan menimbang troops yang kalian bawa dan susunan bangunan musuh yang kalian serang. Pastikan untuk menyerang musuh yang tidak terlalu jauh levelnya di atas kalian karena itu hanya akan membuat serangan kalian sia-sia. Ibaratkan saja Town Hall level 8 menyerang Town Hall level 10 yang sudah maksimal. Berasa melukis di atas air deh 😀

 

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.