» » Fingerprint WhatsApp Akan Hadir!

Fingerprint WhatsApp Akan Hadir!

posted in: News | 0

Fitur fingerprint WhatsApp akan hadir sebagai fitur keamanan dengan menggunakan sidik jari. Fitur tersebut hadir untuk WhatsApp versi smartphone Android, seperti dilaporkan laman businesstoday.in, Rabu, 9 Januari 2019.
fingerprint whatsapp

Fitur itu terlihat setelah perusahaan meluncurkan pembaruan WhatsApp untuk Android 2.19.3 melalui Program Google Play Beta. Setelah fitur tersedia untuk semua, pengguna WhatsApp harus mengautentikasi identitas jari mereka setiap kali ingin membuka aplikasi.

Informasi fitur baru itu dipertegas oleh WABetaInfo melalui akun Twitter-nya. “Aplikasi besutan Facebook itu akhirnya mulai bekerja pada fitur otentikasi di Android, menggunakan sidik jari Anda. Pengerjaan fitur ini masih dalam proses dan masih perlu ditingkatkan,” tulis WABetaInfo.

Sebelumnya, WhatsApp telah bekerja untuk mengimplementasikan fitur ID Wajah dan ID Sentuh pada iOS, tapi sampai sekarang tidak menjalankannya. Namun, untuk Android ini, WhatsApp akan benar-benar mengaktifkan fitur sidik jari.

Setelah hadir pada Android, fitur ini juga akan tersedia di pembaruan iOS yang akan datang. Mekanisme otentikasi sidik jari akan menambah lapisan keamanan tambahan, karena pengguna WhatsApp harus mengautentikasi diri mereka sendiri setiap kali mereka membuka aplikasi.

Fitur Baru Lain

Selain fitur fingerprint, aplikasi pesan WhatsApp juga dikabarkan akan menghadirkan fitur pembayaran baru yang berkaitan dengan cryptocurrency. Jika benar dilakukan, menurut laman cryptonewsreview.com, Rabu, 26 Desember 2018, WhatsApp diklaim menjadi aplikasi pesan pertama dengan fitur tersebut.

Sebelumnya, Facebook sebagai induk perusahaan WhatsApp telah mengembangkan secara tertutup mengenai cryptocurrency. Sekarang terungkap bahwa, WhatsApp akan mengenalkan sistem pembayaran digital baru, yang akan pertama difokuskan di India.

Tujuan dari mata uang crypto adalah untuk memproses transaksi, yang pada dasarnya melegitimasi transaksi yang terjadi di tingkat tertentu pada layanan. Juga, untuk menggelindingkan pekerjaan ke pasar lain yang sedang berkembang. Bagi India menjadi tempat uji coba untuk pekerjaan tersebut.

Daya tarik India adalah WhatsApp menikmati basis pengguna yang sangat besar di negara tersebut. Selain itu, negara ini juga menarik banyak transaksi keuangan digital. Menurut laporan Bloomberg, diperkirakan orang mengirim hampir US$ 70 miliar kepada teman dan kerabat yang tinggal di India dari tempat lain di dunia. Dan WhatsApp menginginkan itu.

Laporan ini menyusul spekulasi berbulan-bulan setelah Facebook menggunakan staf blockchain awal tahun ini. Perusahaan ini sekarang diyakini memiliki tim pengembangan blockchain yang sedikitnya 50 orang.

Facebook belum membuat pengumuman resmi tentang apa yang akan dilakukan, tapi  semakin mendekati rilis untuk layanan itu pada 2019.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.