Embed Adobe AIR dalam APK Flash

posted in: Tutorial | 0

Jika kalian masih suka dan terlanjur jatuh hati dengan sosok yang bernama Adobe Flash, biasanya akan sedikit kecewa saat melakukan kompilasi project ke APK. Apalagi jika masih menggunakan Adobe Flash lama seperti CS6 misalnya. Nah, solusinya adalah melakukan embed Adobe AIR dalam APK yang akan kita buat.

Kalau kalian tidak jeli, maka kalian akan terjebak dengan pengalihan untuk mendownload Adobe AIR saat aplikasi kalian dijalankan di Android. Padahal, Adobe AIR versi resmi sudah dihapuskan dari Play Store. Nah, ini yang membuat dilema dan kegalauan para pengembangnya.

Lalu, gimana dong solusinya?

Ada dua pilihan solusi yang bisa kalian gunakan yakni meng-embed Adobe AIR ke dalam aplikasi atau berganti dengan Animate CC.

Langkah paling praktis jika kalian memiliki akses internet dengan kuota sekitar 3 GB adalah dengan beralih ke kakak kelas Adobe Flash yakni Adobe Animate CC 2019 yang sudah banyak beredar di internet untuk versi “petani”-nya.

Namun, jika terbatas pada internet dan hanya memiliki Flash CS6, pilihan yang bisa dilakukan adalah meng-embed Adobe AIR dalam project APK yang kita buat.

Meng-embed Adobe AIR

Ini pilihan solusi jika kalian tidak punya banyak kuota dan masih setia dengan Flash CS6. Yang perlu kalian lakukan adalah melakukan packaging Adobe AIR sehingga menyatu dengan aplikasi/project yang kalian buat.

Dengan demikian, aplikasi kalian dapat langsung berjalan tanpa harus menginstal Adobe AIR dari Play Store apalagi sudah dihapus juga tuh dari sana haha.

Langsung saja cus ke langkah-langkahnya ya.

  1. Pastikan Adobe Flash CS6 kalian sudah terbuka beserta project yang telah kalian buat.
  2. Jangan lupa siapkan ikon-ikon yang dibutuhkan dan file sertifikat untuk packaging.
  3. Ikuti langkah-langkah packaging ke APK seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya pada artikel Membuat APK dari Project Android dengan Flash
  4. Nah, sekarang kita akan mencari pada bagian embedding Adobe AIR dapat dilakukan. Jika kalian perhatikan, pilihan embedding Adobe AIR akan ada pada tab bagian Deployment seperti gambar berikut.
    Embed Adobe AIR dalam APK
    Jika tampilan kalian masih ada pada bagian Get AIR runtime from: Google Android Market , sekarang ubah pilihan ke Embed AIR runtime with application.
  5. Nah, sekarang lakukan compile ke APK seperti biasa.

Yang perlu diperhatikan adalah perbedaan size akhir dari APK. Jika tanpa melakukan embed Adobe AIR, ukuran APK akan kecil (tentunya sesuai aset gambar dan berbagai konten di dalam aplikasi kalian ya).

Namun, akan terjadi sedikit pembengkakan ukuran file saat kalian melakukan embed Adobe AIR ke dalam project. Biasanya file APK akan bertambah beberapa MB karena penambahan Adobe AIR yang sudah menyatu dalam APK.

Namun, hal ini tentu saja menjadi solusi daripada user kebingungan mencari Adobe AIR di Play Store yang sekarang sudah dihapus.

Oiya, masih ada catatan lagi jika kalian pengguna Flash CS6. Jika masih menggunakan Adobe AIR SDK bawaan Flash CS6 yang masih versi jadul, sebaiknya download-lah Adobe AIR SDK terbaru baru agar aplikasi kalian berjalan baik di versi Android terbaru (misalnya Android Pie).

Untuk langkah menambahkan Adobe AIR SDK ke Flash juga sudah saya tulis di artikel yang bisa kalian baca di Pengaturan AIR SDK di Adobe Flash

Selamat berkreatifitas. Jika ada yang bilang Flash sudah mati, pikir lagi deh. Mungkin yang bilang itu belum kenal kakaknya yang bernama Animate hehe. Yang penting kreatifitas kita saja yang tak boleh mati ya. Good luck 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.

Muhammad Faizin
Latest posts from