Dua Ponsel Xiaomi Ini Tidak Dapat Pembaruan Software

posted in: News | 0

Semua pengguna smartphone pasti selalu menanti kapan ponselnya akan mendapat pembaruan perangkat lunak (software) resmi dari pihak vendornya. Hal tersebut terjadi tak hanya pada pihak pengguna Android, tapi juga iPhone. Jika kalian pemilik perangkat Xiaomi apalagi pemilik dua tipe Xiaomi ini, sepertinya harus segera upgrade karena dua ponsel Xiaomi ini tidak dapat pembaruan software lagi.

xiaomi tidak dapat pembaruan software

Lewat sebuah pengumuman di forum resminya, Xiaomi memutuskan untuk tidak lagi menggulirkan pembaruan software bagi dua perangkatnya yang dirilis 2016 lalu. Kedua perangkat yang dimaksud adalah Xiaomi Mi 5 dan Redmi 3 Pro.

Menurut pihak Xiaomi, kedua ponsel ini akan mendapat pembaruan software untuk terakhir kalinya yang akan digulirkan dalam waktu dekat. Baik pengguna Mi 5 maupun Redmi 3 Pro akan mendapat pembaruan MIUI 10.2 versi stabil.

“Kami telah mengonfirmasi tim pengembang MIUI Global ROM bahwa tidak akan ada lagi pembaruan Global Beta untuk Mi 5 dan Redmi Note 3 Pro, kecuali ROM versi stabil terakhir yang akan datang dalam waktu dekat,” tulis pihak Xiaomi.

“Tim Beta untuk Mi 5 dan Redmi Note 3 Pro akan segera dibubarkan setelah pembaruan tersebut dirilis,” lanjut mereka.

Dikutip KompasTekno dari NDTV, Sabtu (22/12/2018), meski tidak disebutkan kapan pembaruan terakhir untuk kedua perangkat tersebut akan dirilis, pembaruan ini diperkirakan akan mulai digelontorkan pada Januari 2019 mendatang.

Xiaomi sendiri memang kerap menghentikan pembaruan software untuk ponsel yang sudah berusia tiga sampai empat tahun. Ponsel Mi 5 kala itu menjadi salah satu flagship yang diandalkan oleh Xiaomi.

Sementara Redmi Note 3 Pro dibuat untuk menyasar kelas menengah. Kedua ponsel ini dirilis pada awal 2016 silam tepatnya pada bulan Januari dan Februari.

Mi 5 membawa spesifikasi ponsel flagship dengan dukungan chipset Snapdragon 820 dan layar full HD 5,15 inci. Sementara Redmi Note 3 Pro disokong oleh Snapdragon 650 dengan bentang layar 5,5 inci.

Nah, itu dia dua tipe Xiaomi yang tidak akan mendapatkan pembaruan software lagi ya. Jika tidak mau ganti karena terlanjur sayang atau mungkin karena keterbatasan uang haha, kalian bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan Cyanogenmod atau sejensinya untuk melakukan upgrade sistem kalian masing-masing.

Pastinya sesuai versinya sesuai gadget kalian ya. Penuh resiko sih untuk upgrade dari vendor tidak resmi, tapi ya kalau tidak gitu tidak akan belajar dan gadget kalian akan ketinggalan zaman. Btw, resiko jika dalam ditanggung pemenang ya dan cukup sekian 😀

Sumber: tekno.kompas.com

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.