Distro Linux Terbaik untuk “Move On” dari Windows 7

posted in: News | 0

Setelah dikabarkan berhenti dan tidak di-support Microsoft lagi, pasti banyak pengguna Windows 7 yang beralih ke OS lain hati. Nah, berikut ini ada distro Linux terbaik untuk pengguna Windows 7.

Baca juga: Popularitas Windows 10 Kalahkan Windows 7

  1. Linux Mint 19.3 ‘Tricia’
    Linux Mint 19.3 adalah distro Linux yang paling sering direkomendasikan bagi pengguna Windows untuk dicoba – dan untuk alasan yang sangat bagus.

    Linux Mint 19.3
    Linux Mint 19.3

    Desktop Linux Mint ditata seperti Windows 7. Memiliki antarmuka yang friendly sehingga pengguna Windows 7 pun dapat menggunakannya dengan mudah.Tampilan Linux Mint secara umum serupa dengan Windows 7: ada menu start yang dapat dicari di sudut kiri; task switcher di bawah sejajar dengan system tray; Anda dapat meletakkan ikon di desktop; beralih antara jendela yang terbuka menggunakan alt + tab dan sebagainya.

    Versi terbaru dari Linux Mint adalah Linux Mint 19.3 ‘Tricia’ dan ini berjalan dengan baik , bahkan pada perangkat keras yang lebih tua atau lebih sederhana. Ini juga sudah dimuat sebelumnya dengan serangkaian perangkat lunak yang hebat, plus akses untuk lebih banyak menggunakan toko aplikasi yang disertakan.

    Jika Anda ingin memulai Linux dari titik awal yang sudah dikenal, Linux Mint adalah distro yang harus dicoba.

    Download Linux Mint 19.3
  2. KDE Neon (User Edition)
    KDE Neon adalah distribusi Linux yang mendapat skor tinggi pada “mirip Windows” – tetapi siapa sangka versi ini memberi Anda kontrol yang jauh lebih besar atas komputer Anda daripada Windows sebelumnya.

    KDE Neon
    KDE Neon

    Distribusi Linux berbasis Ubuntu, KDE Neon (User Edition) menggunakan lingkungan desktop Plasma KDE secara default. Plasma relatif mudah dipahami dan sangat dapat dikonfigurasi.

    Distro berbasis KDE sering dikritik karena “rumit”. Di satu sisi memang benar bahwa itu menempatkan lebih banyak pilihan di jalan Anda, tetapi Anda tidak harus menggunakannya. KDE adalah sistem yang bisa mereka “gunakan” apa adanya, tetapi juga tidak membantu Anda.

    Jika Anda menginginkan sistem yang kuat, tetapi bisa dijinakkan, maka KDE Neon akan cocok untuk Anda.
    Download KDE Neon (User Edition)

  3. Zorin OS 15 Lite
    Zorin OS 15 Lite adalah rekomendasi saya ketika seseorang menginginkan distro Linux ringan yang terlihat bagus dan bekerja dengan baik – bahkan pada perangkat keras kuno.

    Zorin OS 15 Lite
    Zorin OS 15 Lite

    Jadi, jika komputer Anda tidak mampu menjalankan Windows 10, atau Anda sudah mencoba distro lain dan menemukan mereka agak lamban, Zorin OS 15 Lite pasti patut dicoba.

    Meskipun ini dangkal OS sederhana, ada metode untuk minimalis: Anda mendapatkan semua alat penting yang Anda butuhkan untuk online, berkomunikasi, mengobrol, dan menonton video tetapi dengan nol mengasapi.

    Slogan Zorin OS adalah “Komputer Anda, Lebih Cepat” – dan edisi Lite yang direkomendasikan oleh pembaca tentu sesuai dengan klaim itu.
    Download Zorin OS 15 Lite

  4. Elementary OS 5.1 ‘Hera’
    Jadi Anda selalu menyukai tampilan macOS, tetapi Anda belum membayangkan membayar premi untuk mencobanya – mengapa tidak menukar Windows 7 dengan Elementary OS 5.1 ‘Hera’ saja?

    Elementary OS adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang memancarkan kelas dan ya itu sangat mirip dengan macOS Apple.

    Elementary OS 5.1 ‘Hera’
    Elementary OS 5.1 ‘Hera’

    Shell desktop Pantheon mudah digunakan dan sangat cepat, sedangkan dock Plank (pengalih tugas dan peluncur aplikasi di bagian bawah layar) membuat pengelolaan beberapa jendela menjadi sangat mudah.

    Satu set aplikasi yang bagus disertakan secara default, dengan perangkat lunak untuk memutar musik, mengelola to-dos Anda, dan membaca dan mengirim email. Namun, peramban web stok merupakan titik lemah tetapi dapat digunakan untuk Mozilla Firefox, Google Chrome, Vivaldi atau lainnya.

    Tidak seperti distro lain dalam daftar ini, SD ditawarkan dengan basis “bayar apa yang Anda inginkan” – yaitu Anda dianjurkan membayar untuk mengunduhnya. Karena itu, tidak ada salahnya memasukkan “0” sebagai jumlah nilai untuk mengunduh salinan secara gratis untuk dicoba.

    Tetapi jika Anda menyukai apa yang Anda temukan, saya benar-benar merekomendasikan Anda untuk kembali dan menyumbang beberapa dolar di kemudian hari – aneh bahwa sebuah distro yang dibuat dengan baik ini tersedia secara gratis sama sekali!

    Untuk alternatif yang dibuat dengan baik untuk desktop gaya Windows yang mudah dipelajari dan bahkan lebih mudah digunakan, biarkan sekolah dasar OS Anda di Linux.
    Download Elementary OS 5.1

  5. Ubuntu 19.10
    Sebagai blog berbasis Ubuntu, akan aneh jika kami juga tidak merekomendasikan Ubuntu, sistem operasi desktop Linux yang paling populer dan banyak digunakan di dunia.

    Ubuntu 19.10
    Ubuntu 19.10

    Ubuntu 19.10 bukan hanya versi terbaru dari Ubuntu, tetapi juga yang paling berkinerja dalam setahun – Ubuntu menjalankan cincin di sekitar rilis yang lebih lama, termasuk Ubuntu 18.04 LTS (yang umumnya direkomendasikan oleh para pendukung Ubuntu).

    Distro ini hadir dengan pre-loaded dengan versi baru perangkat lunak bintang termasuk Mozilla Firefox (browser web), Thunderbird (klien e-mail), dan LibreOffice (office suite), dengan ribuan aplikasi lain tersedia melalui Pusat Perangkat Lunak.

    Awesomely, jika Anda menginstal Ubuntu 19.10 Anda akan dapat meningkatkan ke Ubuntu 20.04 LTS akhir tahun ini – dan rilis itu akan didukung oleh setengah dekade dukungan yang sedang berlangsung.

    Ubuntu 19.10 “Eoan Ermine” adalah tempat yang sempurna untuk mencicipi yang terbaik yang ditawarkan Linux, dari desktop ke perangkat lunak hingga keamanan.
    Download Ubuntu 19.10

Nah, itu dia distro Linux terbaik untuk menggantikan Windows 7 kalian. Patut dicoba loh. Dengan UI yang friendly, tentunya kalian tidak akan kesulitan lagi untuk menggunakannya.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.