» » Congraduations ! Akhirnya Wisuda…

Congraduations ! Akhirnya Wisuda…

posted in: Ceritaku | 2

Akhirnya wisuda periode 1 tahun 2016 di Universitas Negeri Semarang dilaksanakan pada 22 Maret 2016 dengan jumlah 1860 wisudawan berdasarkan data yang tercatat di akademik.unnes.ac.id pada menu Statistik Wisudawan. Jumlah tersebut sudah mencakup dari jenjang diploma hingga pascasarjana. Untuk jurusan saya yakni Teknologi Pendidikan, S1 saat itu mewisuda 23 mahasiswa untuk jenjang Sarjana dan 2 mahasiswa untuk jenjang Master (S2). Wisuda dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yakni untuk tingkat universitas dilaksanakan di auditorium Unnes, sedangkan tingkat fakultas dilaksanakan di Hotel Patra Jasa tepatnya di Rama Shinta Ballroom.

Saking banyaknya kumpulan manusia saat wisuda tingkat universitas karena semua wisudawan dan keluarga mahasiswa yang hadir menjadikan Unnes bak lautan manusia saat itu. Perjuangan mencari nomor wisudawan juga sangat menegangkan karena wisuda periode 1 awalnya memiliki batas kuota. Saya pun awalnya terlambat dan hampir tidak bisa ikut wisuda periode 1 karena kuota sudah keburu habis, tetapi revisi ujian sidang skripsi belum juga selesai. Alhamdulillahnya ya akhirnya kuota ditambah dan terus ditambah sampai akhirnya tak ada lagi batasan kuota dan masuklah saya dan teman-teman di wisuda periode 1 kemarin. Nih, tumpukan skripsi teman-teman yang berjajar rapi di ruang jurusan 😀

Skripsi di jurusan
Skripsi di jurusan

Skripsi jurusan Teknologi Pendidikan yang merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) memiliki cover berwarna hijau sebagai lambang warna fakultas. Wisuda universitas gak akan saya ceritakan banyak ya karena jarang banget dokumentasinya. Dokumentasi terbanyak ada di wisuda fakultas.

Akhirnya Wisuda

Sedikit cerita tentang wisuda universitas di mana jurusan TP bertempat duduk di posisi sayap kanan auditorium dan TP ada di baris pertama. Saya bersebelahan dengan si Puguh dan Maman. Ini nih foto trio wisudawan yang iseng haha.

Trio wisudawan TP
Trio wisudawan TP

Untuk suasana auditorium Unnes saat wisuda berlangsung sekiranya dapat kalian lihat pada gambar berikut berhubung saya juga gak jepret banyak foto. Foto ini suasana ini saya ambil saat gladi resik yakni H-1 sebelum wisuda dan dilaksanakan sore hari setelah gerimis.

Gladi resik audit Unnes
Gladi resik audit Unnes

Nah, sekarang kita masuk ke inti wisuda fakultas ya hehe. Wisuda fakultas gak sepadat wisuda universitas karena dilaksanakan oleh masing-masing fakultas di tempat yang berbeda sehingga jumlah wisudawan dan keluarga yang datang pun gak sepadat wisuda universitas. Dengan ketidakpadatan ini, wisuda malah jadi lebih berkesan dengan orang-orang intern yang closed termasuk dengan teman-teman jurusan sendiri.

Istilah dikit-dikit jepret pun tak terelakkan saat wisuda fakultas ini

Berikut ini jepretan dari mahasiswa TP angkatan 2011 saat wisuda periode 1 tahun 2016 kemarin (foto yang dipasang di sini hanya foto-foto kece yak hehe). Untuk foto yang formal nanti bisa kalian lihat dalam video yang saya upload di Youtube (ada di bawah artikel).

Jepret 1 Wisuda TP 2011
Jepret 1 Wisuda TP 2011
Jepret 2 Wisuda TP 2011
Jepret 2 Wisuda TP 2011
Jepret 3 Wisuda TP 2011
Jepret 3 Wisuda TP 2011
Jepret 4 Wisuda TP 2011
Jepret 4 Wisuda TP 2011
Jepret 5 Wisuda TP 2011
Jepret 5 Wisuda TP 2011
Wisuda Periode 1 Tahun 2016
Jepret 6 Wisuda TP 2011

Beberapa foto dosen yang ikut kejepret saat dokumentasi dan menurut saya ini keren adalah sebagai berikut. O, iya…penampakan dosen yang ada adalah Pak Kajur (Pak Sugeng), Sekjur (Pak Yuli), Pak Munib dan Bu Sony, Pak Edi dan Pak Niam, dan Pak Basuki.

Kajur TP
Kajur TP
Sekjur TP
Sekjur TP
Pak Munib dan Bu Sony
Pak Munib dan Bu Sony
Para dosen TP
Para dosen TP
Kepala Dokumentasi (Pak Basuki)
Kepala Dokumentasi (Pak Basuki)

Ada satu sesi terduga dalam wisuda ini terutama bagi saya pribadi di mana saya mewakili teman-teman jurusan untuk berjajar di depan bersama enam mahasiswa terbaik jurusan lainnya yang semuanya adalah “Srikandi” jurusan masing-masing. Dalam mewakili teman-teman jurusan dan orang tua mereka, saya dan bapak ibu cukup duduk di depan dan alhamdulillah terjepret satu foto sederhana.

Saya dan Bapak Ibu (tiga orang dari depan)
Saya dan Bapak Ibu (tiga orang dari depan)

Berikut para wisudawan terbaik masing-masing jurusan dan walinya.

Terbaik jurusan FIP Unnes
Terbaik jurusan FIP Unnes

O, iya…saat wisuda yang boleh masuk hanya dua orang wali saja dan adikpun gak kefoto saat acara berlangsung. So, foto ama adik sendiri di luar ruangan.

Faizin dan adik
Faizin dan adik
Adik Bertoga
Adik Bertoga

Demikian sedikit ulasan sekaligus cerita saat wisuda periode 1 tahun 2016 di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Akan selalu jadi story dan pastinya history bagi para pejuang toga yang telah berhasil saat itu. Salam rindu buat kalian semua, guys TP 2011.

Perjuangan setelah wisuda adalah hal yang lebih berat daripada pengejaran toga ya. More struggle, guys…

Jangan lupa untuk nonton video wisuda semenit berikut ini 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.

Muhammad Faizin
Latest posts from
  • Faizin… Aku blm pnya foto yg wisuda itu yg jepret 1,2,4… Kirim dong lewat telegram 😀😀

    • Hoalah…haha. Sori nembe ngecek komen web x))
      Okesiap, nanti segera meluncur di telegram