» » Clash of Clans in Review: Hal yang Perlu Disiapkan Saat Preparation Day

Clash of Clans in Review: Hal yang Perlu Disiapkan Saat Preparation Day

posted in: Ceritaku | 0

Bagi kalian yang sudah tergabung dalam clan dan memiliki minimal 10 orang anggota, kalian sudah memenuhi syarat untuk dapat melakukan clan war. Dalam clan war, kalian akan mengenal dua hari dengan dua fase berbeda. Hari pertama disebut dengan preparation day (hari persiapan) dan hari kedua disebut battle day (hari pertempuran). Masing-masing fase terdiri atas 24 jam yang dapat kalian gunakan. Fase inti dari clan war adalah pada battle day di mana masing-masing anggota yang bergabung dalam war memiliki dua kali kesempatan untuk attack atau menghancurkan musuh. Namun, preparation day juga memegang peranan penting sebelum battle day dimulai. Layaknya prajurit yang akan diterjunkan perang, mereka pun butuh hari persiapan baik dari segi senjata, tentara, pertahanan, dan sebagainya sebelum hari pertarungan dimulai.

Tatkala bertempur dalam suatu clan war, kalian tidak hanya bertempur sendirian. Kalian akan berjuang bersama sembilan orang anggota clan kalian dalam waktu yang sama. Hal ini tentu saja butuh kerjasama yang baik antaranggota clan termasuk dalam donate pasukan. Donasi (donate) pasukan dalam preparation day merupakan salah satu hal penting yang akan menentukan kemenangan pertahanan sebuah clan. Tak hanya itu, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat preparation day. Apa saja hal tersebut? Mari kita simak dalam penjelasan berikut.

  1. Ketahui kemampuan musuh
    Dalam clan war, kalian berhak untuk mengetahui kemampuan musuh baik defense, susunan war base, profil musuh, hingga mengunjungi village si musuh. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi kedua belah pihak untuk menyusun strategi bertempur. Urutan dalam clan merupakan prioritas oleh para leader dari masing-masing clan, biasanya posisi pertama adalah base dengan level tertinggi dan akan semakin turun level hingga urutan nomor 10. Namun, urutan ini juga bukan penentu kalian akan menyerang nomor berapa di clan musuh. Penyerangan dilakukan sesuai strategi kelompok dalam clan.
    Mengetahui kelompok musuh dapat dilakukan dengan melihat detail clan mereka seperti gambar berikut.

    Profil musuh
    Profil musuh

    Jika ingin mengetahui profil masing-masing anggota, kalian dapat memilih anggota yang ingin kalian cek profilnya dan pilih Profile. Gambar dalam profil menunjukkan army musuh dan levelnya, spell, dan achievement yang telah didapatkan. Contohnya dapat kalian lihat pada gambar berikut.

    Salah satu profil tim land of love
    Salah satu profil tim land of love
  2. Request dan Donate Satpam
    Yup…kenapa disebut satpam? Karena pasukan yang akan di-donate dan di-request bertugas untuk jaga di pos clan. Si satpam keluar saat musuh datang dan satpam merasa ada ancaman di sekitarnya. Ada baiknya jika kalian menjaga secara penuh pos satpam ini dengan pasukan yang kuat. Masing-masing pos satpam pun memiliki kapasitas yang berbeda sesuai level clan castle kalian. Usahakan pasang level tinggi sebagai satpam kalian. Nah, berikut tampilan request satpam.

    Request Satpam di Clan War
    Request Satpam di Clan War

    Jika ada anggota yang belum mendapatkan donasi satpam, dalam preparation day akan muncul tulisan “Donate” yang menandakan bahwa satpam belum terisi pernuh. Jika sudah terisi penuh, tulisan “Donate” akan hilang dengan sendirinya. Berikut tampilan gambar yang diambil saat preparation day antara dwaraka kingdom vs land of love.

    Tampilan sebelum donasi penuh
    Tampilan sebelum donasi penuh
    Tampilan setelah donasi penuh
    Tampilan setelah donasi penuh
  3. Edit war base
    Setelah mengetahui susunan musuh dan memberikan donasi pasukan, mengedit war base juga tak kalah penting sebagai pertahanan perang antarclan. Dalam Clash of Clans, kalian akan memiliki dua layout berbeda yakni layout home village dan layout war base. Kedua layout ini dapat berdiri sendiri-sendiri sehingga kalian dapat menyesuaikan susunan dari masing-masing layout. Bagian pengaturan layout biasanya membutuhkan waktu yang cukup banyak apalagi kalau level Town Hall (TH) kalian sudah tinggi dan tentunya banyak objek yang harus diatur. So, pastilah memakan baterai yang cukup banyak. Berikut tampilan Layout Editor antara Home Village dan War Base yang dapat kalian atur sesuai keinginan.

    Layout Editor War Base
    Layout Editor War Base
    Layout Editor Home Village
    Layout Editor Home Village
  4. Selesaikan proses upgrade
    Jika kalian masih memiliki army atau spell dan sebagainya yang masih dalam proses upgrade oleh para builder atau research di laboratory, selesaikan upgrade tersebut sebelum kalian memulai clan war. Namun, hal itu juga perlu kalian diskusikan dengan kelompok clan. Jikalau upgrade masih butuh waktu lama (bisa berhari-hari), sebaiknya clan war tetap dimulai seperti biasa. Jika hanya kurang satu atau dua jam, kalian bisa langsung memulai clan war karena objek yang masih dalam proses upgrade dan selesai pada saat preparation day akan berfungsi ketika battle day dimulai. Ingat, kalian memiliki waktu 24 jam untuk preparation day.

Kalian juga bisa keluar dari clan war loh seperti tampilan berikut kalau kalian mau.

Keluar dari clan war
Keluar dari clan war

Eee…tapi ini gak disaranin ya karena jika kalian out dari clan war, notifikasi akan keluar dan dapat dilihat oleh semua anggota clan dan otomatis pasukan dalam clan war akan berkurang. Malah-malah kalau tanpa seizin leader, kalian bisa di-kick alias dilempar jauh dari clan haha. Selamat menikmati clan war dan pastikan berikan satpam terbaik untuk clan castle yak 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.

Muhammad Faizin
Latest posts from