Clash of Clans Gaming Sensation in Review: P.E.K.K.A or Dragon for Clan War?

posted in: Ceritaku | 2

P.E.K.K.A or Dragon

Yeay…akhirnya bisa mengetahui perbedaan antara P.E.K.K.A dan Dragon dalam pertempuran antarclan. Nunggu upgrade timing-nya itu loh yang males, yah biasa lah waiting is suck but you have to if you’re free users haha. Gratisan ya sabar aja nunggu, kalo pengen cepet beli gems yang banyak 😀

Artikel ini merupakan artikel kedua saya tentang Clash of Clans. Artikel ini saya buat juga karena baru kepikiran setelah Barrack bisa bikin P.E.K.K.A dan mengetahui kekuatan P.E.K.K.A dari hasil clan war minggu kemarin bersama dwaraka kingdom. O, iya…clan kami hurufnya kecil semua ya dwaraka kingdom karena baru-baru ini ada clonning nama yang sama dan hanya beda di kapital hurufnya doang. Berharap suatu saat bisa war ama tuh clone sebagai tanda protes kenapa nama clan sana sama alias gak kreatif heuheu.

Kembali ke judul. Kali ini kita akan membahas tentang memilih army yang tepat dalam pertempuran antarclan khususnya antara Dragon atau P.E.K.K.A. Bagi para pemain Clash of Clans (CoC), tentunya sudah mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing army bahkan fungsi-fungsinya dalam pertempuran (battle) atau bahkan ke analisis yang lebih dalam dan detail lagi seperti objek-objek apa yang pertama kali diserang oleh army dan sebagainya. Yup…itulah yang akan kita pelajari dalam artikel ini. Namun, tidak semua army ya guys karena akan memakan cukup waktu. Kita akan memberikan batasan masalah pada Dragon dan P.E.K.K.A.

  1. P.E.K.K.A
    Ketika membuka aplikasi Clash of Clans, kalian akan melihat teks di bawah loader bar. Teks tersebut berisi informasi baik tentang army, tips, atau trik dalam battle. Is P.E.K.K.A  a knight? A samurai? A robot? No one knows. Itu mungkin kalimat yang sering kalian temui. Yup…jika diperhatikan secara fisik memang P.E.K.K.A memiliki ketidakjelasan. Ketidakjelasan tersebut terlihat dari pakaian yang mungkin seperti knight (ksatria) ketika bertarung tetapi aneh berpedang seperti samurai, tetapi wajah seperti robot. No one knows lah pokoknya, coba aja tanya developer Supercell yang menjadi modeller untuk bikin si P.E.K.K.A, mungkin dia tau. Paling tidak bisa menjelaskan imajinasi kenapa bentu P.E.K.K.A bisa seperti itu. Jangan lupa menanyakan kepanjangan dari P.E.K.K.A juga ya 😀

    P.E.K.K.A
    P.E.K.K.A

    Okey, sebagai army dengan damage per second (DPS) paling besar di antara yang lain menjadikan P.E.K.K.A sebagai army terkuat UNTUK KATEGORI DARAT. Tuh, kalimatnya uda tak bikin kapital ya hehe. Damage per second (DPS) artinya adalah kemampuan army untuk menghancurkan objek setiap detiknya. Jadi, DPS si P.E.K.K.A level 1 saja sudah 240 dan ketika saya coba untuk bertarung, P.E.K.K.A bisa menghancurkan champ hanya dalam sekali tebasan pedang (pertama lihat langsung bilang OoooEMmmmJiiii). But, kekaguman tersebut langsung sirna setelah kalian baca artikel ini (baca dulu sampai akhir, okay hehe). P.E.K.K.A juga memiliki hitpoints dalam bertahan paling tinggi dengan skor 2800 untuk level 1.

  2. Dragon
    Kalimat di bawah loader bar untuk Dragon akan berbunyi, “The Dragon is a mighty flying unit that can attack both ground and air targets”.

    Awal Loader Bar
    Awal Loader Bar

    Kalimat tersebut dapat diartikan bahwa, “Naga (dragon) merupakan unit (dalam hal ini army) terbang yang kuat yang dapat menyerang dua objek baik darat maupun udara. Terlepas dari keanehan kalimat tersebut saat diartikan dalam bahasa Indonesia (ketawa dulu aja kalau lucu haha), kalimat tersebut memiliki arti bahwa si Dragon memiliki kelebihan yang tidak dimiliki P.E.K.K.A yakni bisa menyerang semua objek baik darat maupun udara.

    Dragon
    Dragon

Mari kita lakukan analisis

Walaupun damage per second (DPS) dan hitpoints si Dragon tidak sebesar P.E.K.K.A, tetapi pernahkah kita bayangkan berapa banyak objek defense musuh yang bisa menyerang darat, atau menyerang udara, atau bisa menyerang keduanya? Okey…mari berhitung ala anak SD kelas 1 seperti adikku 😀

Katakanlah saya sudah di Town Hall (TH) level 8 dan sekarang memiliki 5 Cannon, 4 Mortar, 3 Wizard Tower, 5 Archer Tower, 3 Hidden Tesla, 3 Air Defense, 1 Barbarian King level 3, dan belum lagi bomb, trap, dan minion yang dapat menyerang di darat.

  1. Serangan Darat dengan P.E.K.K.A
    Jika kalian menyerang di darat, semua defense yang ada dapat menyerang si P.E.K.K.A kecuali satu yakni Air Defense yang tak akan berfungsi. Bayangkan kalau musuh kalian sudah maksimal upgrade dari level 7 saja untuk defense-nya sementara kalian hanya menyerang dengan P.E.K.K.A leval 1 dan kalian merasa gagah karena sudah punya P.E.K.K.A di tangan. Cannon, mortar, Archer Tower, Hidden Tesla, Wizard Tower, bomb, trap, dan minion akan siap memangsa si P.E.K.K.A.Okelah…P.E.K.K.A gak mempan pada trap, tetapi bagaimana dengan serangan DPS dari yang lain? P.E.K.K.A tak mampu berjuang sendirian tanpa ada yang membuatnya sehat kembali seperti Healing Spell atau Healer. Healing spell pun tak akan bertahan lama. Alternatifnya adalah memasang Healer. Seandainya kalian juga memasang Healer, Air Defense yang akan memangsa mereka apalagi kalau Air Defense ada di tengah-tengah. Air Defense (AD) juga sangat ditakuti para pemilik Dragon kalau posisi mereka ada di tengah-tengah. Belum lagi hambatan dalam walls yang harus diperhitungkan.Terlepas dari Healer dan Healing Spell, P.E.K.K.A sendiri memiliki sedikit kelemahan. Selain hanya bisa menyerang di darat, P.E.K.K.A juga memiliki celah dalam jeda waktu ayunan atau tebasan yang (menurut hemat saya) cukup lama. Ketika saya perhatikan dalam menggunakan P.E.K.K.A , tebasan satu ke tebasan berikutnya butuh hampir sekitar satu detik dan sedetik ini cukup bagi mortar dan defense lain untuk mengurangi hitpoints si P.E.K.K.A.
  2. Serangan dengan Dragon
    Tatkala menyebut serangan Dragon, itu artinya bisa menyerang semua objek baik darat maupun udara. Objek defense yang bisa menyerang udara lebih sedikit. Semua mortar, cannon, bomb, dan trap tidak akan berfungsi di serangan udara. Walls juga tak akan berarti dalam serangan naga (langsung skip wall-nya). Ini merupakan keuntungan tersendiri dengan menggunakan Dragon. Untuk membuat Dragon bertahan hanya dapat menggunakan Healing Spell karena Healer tidak berfungsi untuk objek terbang (flying unit). Dragon level 2 yang saya miliki pun hanya memiliki DPS 160 dan hitpoints 2100 yang masih kalah dengan P.E.K.K.A level 1. Namun, Dragon juga memiliki kelemahan yakni pada Archer. Pernahkah kalian memancing Dragon keluar dari Clan Castle lalu menyerbunya dengan beberapa Archer? Apa yang terjadi? Yup…Dragon’s die haha. It’s so funny, sama kayak di film-film 😀

Okey, itulah review yang dapat saya berikan untuk P.E.K.K.A dan Dragon. Keputusan akan memakai yang mana dalam Clan War itu ada pada masing-masing pecinta Clash of Clans selaku users. Berikut juga saya sertakan screenshot tentang pertarungan antarclan (clan war) dwaraka kingdom ketika bertahan dari serangan musuh yang menggunakan P.E.K.K.A dengan satu Dragon sebagai “satpam” di Clan Castle. Alhasil, P.E.K.K.As are die and Dragon is alive seperti gambar berikut.

Dragon VS PEKKA
Dragon VS PEKKA

Berikut juga ada sceenshot pertarungan dwaraka kingdom yang menyerang musuh dengan semua army dalam bentuk Dragon. Clan kami pun menang lagi untuk war kali ini yeay…hip…hip…hura untuk dwaraka kingdom

Attack with Dragons
Attack with Dragons

Selamat bertempur ria dan jangan lupa tetep ingat anak istri atau suami (bagi yang sudah punya) kalau main Clash of Clans. Ingat skripsi juga ya 😀

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.