» » Clash of Clans: Menyerang atau Bertahan?

Clash of Clans: Menyerang atau Bertahan?

posted in: Ceritaku | 0

Dalam bermain Clash of Clans, kalian harus berusaha “memakmurkan” desa (atau biasa disebut village) yang kalian buat. Hal itu dapat kalian lakukan dengan dua cara: Pertama, kalian hanya duduk sambil mengoleksi resources (gold mine, elixir collector, dan sebagainya) dan ini disebut farmer (kegiatannya disebut farming). Kedua, kalian bertarung dan merebut (sepertinya lebih keren ya kalau disebut mencuri haha) harta dari desa lain di multiplayer battle dan orang yang bermain dengan cara seperti ini adalah petarung sejati atau disebut fighter. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada dua tipe permainan dalam Clash of Clans yakni menyerang atau bertahan. So, tipe pemain coc manakah kalian? Farmer atau fighter? Oke, simak terus sampai ke bawah đŸ˜€

Tampilan Farming Mode COC
Tampilan Farming Mode COC

Gambar di atas adalah homebase saya pada mode farming ya, guys. Kebetulan baru di TH9 dan berusaha memaksimalkan wall dan hero sampai mentok standar TH9 struggle. Nah, kedua tipe pemain tersebut harus memperhatikan hal-hal berikut agar bisa meraih kejayaan dalam bermain Clash of Clans.

Menyerang atau Bertahan

Tipe Bertahan

Jika kalian memilih tipe bertahan, sebaiknya kalian upgrade Town Hall (TH) terlebih dahulu agar mendapatkan banyak defense. Namun, upgrade Town Hall sebaiknya dilakukan jika di Town Hall sebelumnya defense kalian sudah mentok atau maksimal sesuai level TH kalian. Usahakan jangan jadi pemain prematur ya walaupun ada enak dan tidaknya. Jika kalian jadi pemain prematur, pada multiplayer battle kalian akan menemukan TH yang sebanding dengan TH kalian. Hal ini tentunya tidak akan menyenangkan bagi yang memiliki troops prematur pula.

Setelah kalian meng-upgrade TH, lakukan upgrade mortar, archer tower, dan cannon secara bergantian. Lho, kok gak wizard tower dulu? Yup, salah satu alasan mengapa wizard tower upgrade-nya belakangan adalah karena harganya yang cukup mahal. Selain itu, jangkauan serangannya juga tidak sejauh tiga defense tadi. Mortar menjadi defense pertama yang diupgrade karena selain jangkauannya luas, mortar juga memiliki damage berupa area splash. Jadi, sekali mortar mengeluarkan tembakan akan dapat membasmi beberapa troops musuh yang memiliki hitpoint rendah. Namun, jika

Detail Mortar
Mortar sebagai defense dengan tipe area splash damage

Jika defense sudah ter-upgrade, lakukan upgrade untuk collector seperti gold mine, elixir collector, dark elixir drill, dan sejenisnya. Jangan habiskan waktu kalian untuk upgrade wall di awal karena itu akan sangat lama dan cukup mahal.

Catatan:

  1. Urutan upgrade defense sesuaikan dengan TH kalian. Misal kalian sudah masuk di TH9, upgrade terlebih dahulu XBow karena itu pertahanan paling penting untuk TH9. Selanjutnya disusul dengan mortar, archer tower, dan sejenisnya.
  2. Kelilingi defense dengan wall dan pastikan TH kalian aman bersama defense karena jika TH kalian hancur, itu sudah cukup memberikan persentase harta yang lumayan bagi siapapun yang hanya menyerang TH.
  3. Jangan letakkan resources (gold mine, elixir collector, dark elixir drill) dalam satu baris yang sama karena itu akan memudahkan musuh untuk mengambil loot apalagi jika menggunakan goblin.
  4. Tidak perlu upgrade TH terburu-buru dan abaikan untuk sementara upgrade barrack. Bukankah kalian bertindak dalam mode bertahan? Upgrade barrack dan troops adalah tipe penyerang kan?

Okey, selanjutnya kita masuk ke mode penyerang.

Tipe Penyerang

Nah, ini dia yang paling disukai banyak orang termasuk saya sendiri haha. Mode penyerang sebenarnya juga adalah mode yang cukup membosankan karena kita harus meng-upgrade troops, barrack, camp army, spell dan juga laboratory pastinya. Namun, hal yang paling disukai dalam bermain game adalah mengalahkan orang lain. Memang itu sudah sewajarnya, rada aneh juga kan? Orang-orang akan berteriak “horeee….gue menang” pastinya setelah mengalahkan orang yang ingin ia kalahkan haha. Jika kalian juga lebih menyukai tipe penyerang, kalian utamakan upgrade seperti yang saya sebutkan tadi troops, barrack, camp army, spell dan juga laboratory  Kalian harus mengabaikan resouces alias gold mine, elixir collector, dan sejenisnya untuk sementara waktu karena kalian akan kaya jika kalian semakin banyak menyerang dan serangan itu sukses. Kalian tidak perlu menunggu resources mengggali tambang, elixir, dan dark karena kalian bukan tipe farming atau bertahan.

Nah, itu tadi sekilas tentang tipe bertahan dan tipe penyerang. Bagaimana? Kalian akan memilih bertahan, menyerang, atau malah hibrid alias keduanya? Sesuaikan saja dengan keinginan kalian ya. Jangan lupa ninggalin jejak dan share cara bermainmu di komentar đŸ™‚

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.