» » Buku Pintar Elektronik Bagian 1 : Pengenalan

Buku Pintar Elektronik Bagian 1 : Pengenalan

posted in: Tutorial | 0

Akhirnya bisa nulis juga tentang media yang saya sebut dengan Buku Pintar Elektronik atau biasa disingkat BPE. Saya akan mengenalkan sedikit tentang apa itu Buku Pintar Elektronik. Secara etimologi, kita dapat melihat dengan jelas dari kata pembentuknya yang terdiri atas buku, pintar, dan elektronik. Kata “buku” menunjukkan bahwa media ini layaknya buku yang bermuatkan konten-konten seperti teks, gambar, dan sejenisnya. Setelah digabungkan dengan kata “pintar” dan “elektronik”, buku yang ada di sini akan memiliki kawasan yang berbeda yakni buku tak lagi berupa buku cetakan, tetapi buku elektronik yang “pintar”. Mengapa disebut pintar? Karena buku elektronik ini dapat memuat konten multimedia dan konten interaktivitas di dalamnya.

Buku Pintar Elektronik

Setelah kalian membaca penjelasan di atas, tentunya kalian sudah ada sedikit bayangan kan tentang apa yang dimaksud Buku Pintar Elektronik? Sekarang akan saya tunjukkan beberapa screenshot Buku Pintar Elektronik yang telah saya dan teman-teman kembangkan. Untuk live demo, kalian bisa cek di cintatradisi.net.

Yang perlu kalian ketahui, Buku Pintar Elektronik yang saya kembangkan ini berujung final dengan ekstensi PDF dan dapat dijalankan di semua device baik mobile maupun desktop.

BPE demo
BPE demo

Jika kalian perhatikan gambar di atas, kalian akan melihat dalam dokumen PDF ada video yang bisa di-play. Nah, itulah yang membedakan antara PDF biasa atau jika kalian mengenal BSE dengan BPE ini. BPE is more and more….

Dengan dukungan BPE yang bisa dimainkan di semua device, semua bisa belajar dan menikmati konten yang interaktif dan tidak lagi membosankan yang hanya teks dan gambar. Lalu, apa saja yang perlu disiapkan dalam mengembangkan BPE?

Okey, mari kita mulai serious

  1. Siapkan beberapa aplikasi pendukung yang harus kalian install terlebih dahulu.
    Aplikasi minimal yang kalian harus ada di komputer kalian untuk mengembangkan BPE adalah Powerpoint (disarankan versi 2007 ke atas), iSpring, dan Adobe Acrobat Pro. Untuk ezPDF hanya sebatas tambahan jika nanti ada soal latihan yang bisa dijalankan di mobile device.

    Software BPE
    Software BPE

    Kalian dapat menggunakan versi trialnya terlebih dahulu (diusahakan jangan bajak ya, belilah lisensi hehe).

  2. Siapkan konten/materi yang akan kalian jadikan sebagai bahan untuk Buku Pintar Elektronik
    Hal ini mutlak harus ada yakni konten/materi. Jika tidak ada konten, kalian mau mengisi BPE kalian dengan apa coba? Haha. Dulu, saya dan tim membuat beberapa konten tentang tradisi dan budaya di Indonesia. Makanya disebut Cinta Tradisi. Berikut beberapa list gambar konten BPE.

    Konten BPE
    Konten BPE
  3. Siapkan kopi
    Tahap ini hanya sebagai tambahan karena tahap persiapan sudah selesai 😀

Okey, itu tadi persiapan yang perlu kalian lakukan jika ingin mengembangkan BPE. Jika kalian sudah mempersiapkan semuanya (ukuran software tadi cukup besar), pantau terus web Lumpia Studio agar tidak ketinggalan. Next time, kita akan menata layout dan materi/konten.

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.