Animasi Shape Sederhana dalam Flash

posted in: Tutorial | 0

Animasi shape akan lebih mudah diingat jika disebut sebagai animasi perubahan bentuk. Disebut demikian karena animasi shape akan berjalan normal sebagai pergerakan perubahan bentuk objek. Animasi shape akan berjalan jika objek yang mengalami perubahan bentuk bukan dalam sebuah symbol baik movieclip, graphic, ataupun bitmap. Langsung saja ya kita praktikkan daripada bingung 😀

animasi shapeAnimasi Shape

Dalam demo ini, kita akan membuat contoh animasi shape sederhana untuk perubahan kotak menjadi bola. Pastikan kalian sudah memiliki aplikasi Flash versi berapapun yang terinstal dalam PC kalian.

  1. Buat dokumen baru. Agar lebih mudah kalian pakai dokumen dengan Action Script 2 terlebih dahulu.
  2. Buat objek kotak dengan Rectangle Tool, posisikan di sebelah kiri stage. Kalian boleh memberikan warna bebas dan saya sarankan jangan pakai garis tepi untuk membuat objek dengan menonaktifkan bagian Stroke color. Berikut cara melakukannya.
    membuat kotak
  3. Buatlah keyframe kosong baru di frame ke-10 dengan klik kanan frame > Insert Blank Keyframe.
    buat blank keyframe baru
  4. Lanjutkan dengan membuat objek baru berupa lingkaran di blank keyframe yang tadi telah kita buat dengan menggunakan Oval Tools. Letakkan lingkaran di stage sebelah kanan.
    buat lingkaran
    Lho, Oval Tool-nya di mana? Letak Oval Tool berada satu posisi dengan Rectangle Tool. Tekan agak lama Rectangle Tool, maka akan muncul pilihan tools lain di sebelahnya. Hal ini bisa kalian lakukan untuk mengetahui tools lain.memunculkan oval tool
  5. Jika objek kotak dan lingkaran sudah terbuat, langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah memberikan animasi shape. Jadi, perubahan yang terjadi nantinya berupa perubahan bentuk kotak menjadi lingkaran.
  6. Pada frame antara keyframe 1 dan keyframe 10, lakukan klik kanan > Create Shape Tween
    memberikan shape
  7. Sampai sini kalian sudah selesai. Namun, satu hal penting yang harus kalian perhatikan dalam membuat animasi shape adalah pastikan pada frame antara keyframe 1 dan keyframe 10 bertanda HIJAU, bukan tanda yang lain. Tanda ini menunjukkan bahwa animasi yang berjalan adalah animasi shape.
    warna hijau tanda shape

Jika semua sudah sesuai skenario di atas, lakukan testing dengan menekan Ctrl + Enter secara bersamaan dan lihat hasilnya. Apakah terjadi perubahan? Harusnya iya dong hehe. Jika belum, silahkan berikan komentar di bawah ini ya 🙂

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.