Add-ons Penting untuk Web Browser

posted in: Tutorial | 0

Bagi kalian yang sering berselancar alias surfing atau browsing di internet, tentunya akan akrab dengan yang namanya web browser. Beberapa dari kalian bahkan menggunakan lebih dari satu web browser dalam satu perangkat. Sebut saja Firefox, Google Chrome, Opera, atau bahkan bawaan Windows seperti Microsoft Edge yang hadir di Windows 10 dan Internet Explorer. Dalam artikel ini akan sedikit kita bahas beberapa add-ons penting yang akan menunjang kenyamanan kalian dalam berselancar di dunia maya.

add-ons penting web browser
Dukungan add-ons terbanyak dimiliki oleh dua browser terpopuler yakni Firefox dan Google Chrome. Untuk browser lain tentunya juga memiliki beberapa add-ons yang sepadan walaupun tidak sebanyak kedua browser populer tersebut. Okeh, mari kita masuk ke bahasan materi.

  1. Awesome Screenshot
    tampilan awesome screenshotAdd-ons ini berguna untuk mengambil screenshot gambar dari web browser. Dalam proses pengambilan screenshot, kalian akan diberi pilihan sebagai berikut.
    pilihan awesome ssBeberapa pilihan di atas dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan. Tampilan screenshot yang telah ter-capture bisa langsung diedit dengan tools yang ada di panel atas seperti berikut.
    panel tools di awesome ss
    Setelah pengambilan dan pengeditan beres, kalian akan disuguhi pilihan penyimpanan yakni dengan Google Drive kalian, dengan Diigo, atau disimpan di lokal komputer.
    pilihan lokasi penyimpananSatu hal penting yang agak kurang di Awesome Screenshot ini adalah penyimpanan temporary-nya alias penyimpanan sementara. Kelemahan ini akan kita atasi dengan Lightshot. Namun, Lighshot belum sekompleks Awesome Screenshot.
    La terus? Apa perbedaannya? Lanjut baca di bawah deh 😀
  2. Lightshot
    tampilan lighshot
    Layaknya Awesome Screenshot, add-ons ini juga digunakan untuk mengambil screeshot. Perbedaannya dengan Awesome Screenshot adalah add-ons ini tidak menyediakan pilihan bagian mana yang akan di-capture.  Lightshot hanya akan meng-capture bagian yang kelihatan ketika web browser ditampilkan. Namun, add-ons ini memiliki satu hal yang sangat disukai yakni penyimpanan sementara yang tanpa ribet.
  3. Adblock/Adblock Plus
    tampilan adblock plus
    Jika kalian sering menjumpai iklan yang mampang di web browser dan kalian tidak menyukainya, add-ons inilah yang dapat memenuhi keinginan kalian. Add-ons ini akan menghilangkan semua jenis iklan bahkan di Youtube sekalian. Namun, ada beberapa website mengharuskan kalian untuk menonaktifkan Adblock agar bisa lanjut melihat isi webnya. Kenapa? Iklan tersebut memang membosankan tetapi bagi seorang blogger, iklan tersebut adalah salah satu sumber penghasilan yang “menyemangati” dia untuk tetap menulis dan berbagi dengan para pembaca.

Saran saya, kalian boleh memakai dua add-ons di atas yakni Awesome Screenshot dan Lighshot. Namun, sebaiknya jarang-jarangah mengaktifkan Adblock ya agar kalian memberikan kelancaran rizki bagi pemilik blog. Yang melancarkan rizki orang lain akan dilancarkan pula rizkinya. Amiin…

Muhammad Faizin
Follow Faizin:

Writer and Developer

Dulu suka menulis kode dan sejenisnya sampe malem, sekarang juga masih. Kesukaan pada menulis cerita sedikit demi sedikit terpupuk, apalagi sebagai mantan anak sekolahan dengan cita-cita kuliah di luar negeri.